
Usaha berbasis online shop alias toko daring kini semakin menjamur karena kemudahan teknologi. Buat kamu yang sedang merintisnya, tentu akan ada beberapa hal yang membutuhkan adaptasi terkait ritme kerja online shop termasuk jasa admin online shop. Tidak seperti toko biasa, konsumen bisa melakukan transaksi kapanpun selama 24 jam sehari dan 7 hari seminggu karena dilakukan secara daring.
Jika masih bekerja sendiri, biasanya siklus kerja seperti di bawah ini akan kamu alami:
- Mencatat dan merapikan stok barang masuk gudang
- Menjawab chat dengan pembeli lalu memproses order masuk
- Mencatat administrasi pembayaran
- Melakukan pengemasan paket (packing)
- Melakukan pengiriman barang dan mencatat resi
Setelahnya proses tersebut akan berulang dari awal lagi. Rasanya pekerjaan tak ada habis-habisnya. Kamu kemudian mulai merasa kewalahan justru di saat order semakin meningkat. Mungkin itulah saatnya kamu membutuhkan jasa admin online shop.Namun mungkin kamu masih ragu karena harus mengeluarkan biaya tambahan untuk untuk menggajinya tiap bulan. Nah sebagai bahan pertimbangan, yuk tengok beberapa alasan mengapa kamu butuh jasa admin online shop berikut ini!
Hemat Tenaga
Saat order mulai berlipat ganda, kamu akan lebih cepat merasa lelah karena beban kerja juga meningkat. Hal ini bisa berpengaruh pada pekerjaan rumah lain yang terbengkalai atau bahkan mengorbankan kesehatanmu. Di sinilah pentingnya ada admin untuk membantu pekerjaan di online shop.
Jumlah admin yang dibutuhkan tergantung kapasitas dan beban kerja yang ada. Jika baru memiliki 1 admin, ada baiknya kamu masih ikut turun tangan berbagi tugas. Jika sudah mampu mempekerjakan lebih dari 1 admin, berikanlah tugas spesifik untuk masing-masing orang sehingga mempermudah pengawasan.
Mengurangi Stres
Mungkin saja kamu merasa masih kuat secara fisik untuk menangani semuanya sendirian. Namun suatu saat pekerjaan menumpuk, akibatnya adalah rasa stres bertambah. Semakin lama bisa saja berpengaruh pada kinerja penjualan. Kamu mungkin akan menjadi lebih tidak teliti dalam memasukkan orderan. Bahkan ujung-ujungnya bisa merugikan pelanggan.
Tentu kamu tak ingin hal tersebut terjadi bukan? Itulah gunanya jasa admin online shop untuk membantu mengurangi beban pikiranmu sehingga bisa berfokus pada penjualan.
Menjaga Konsistensi Pelayanan
Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat kepuasan pelanggan menjadi salah satu tolok ukur penentu. Saat kamu mulai keteteran bekerja sendirian, bisa saja kamu mulai lupa merespon chat dari calon konsumen. Kemudian mereka merasa kamu tidak ramah dan responsif hingga akhirnya beralih ke penjual lain. Kamu juga yang jadi rugi bukan?
Ketika ada admin, hal-hal tersebut bisa diminimalisasi dan kamu bisa terus memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan.
Meningkatkan Target Penjualan
Jika pekerjaan dasar sudah teratasi dengan menggunakan jasa admin online shop, kamu sebagai pemilik bisnis bisa mulai berfokus pada pengembangan strategi penjualan. Secara tidak langsung hal ini akan meningkatkan target penjualan toko online milikmu.
Nah itulah tadi beberapa alasan untuk memanfaatkan jasa admin online shop. Sebenarnya, ada cara lain untuk membantu meringankan beban pekerjaan selain memakai admin. Kamu bisa menyewa jasa fulfillment dan last mile delivery seperti LODI Indonesia. Segala urusan logistik seperti penyimpanan, pengemasan, serta pengiriman barang akan ditangani secara profesional.
LODI memiliki gudang luas berstandar internasional yang tersebar di berbagai kota besar. Dengan teknologi canggih yang diterapkan, kamu bisa mendapatkan laporan berkala secara real time. Staf ahli di sana juga akan siap menjaga kualitas barang yang tersimpan. Tunggu apa lagi? Segera manfaatkan jasa LODI lalu rasakan perubahan pesat dalam bisnismu!