
Terjadinya pandemi covid-19 sejak awal tahun 2020 telah menjadi pukulan buruk terhadap banyak sektor termasuk bisnis di e-commerce. Meskipun berbelanja secara online hingga kini terus digiatkan namun untuk menggaet konsumen bukanlah hal mudah terlebih bila banyak orang yang juga kehilangan sumber penghasilannya. 5 trik berikut ini bisa Anda lakukan agar bisnis e-commerce di masa pandemi tetap bertahan.
Lakukan Inovasi
Hal pertama yang wajib dilakukan oleh pemilik bisnis e-commerce di masa pandemi adalah melakukan inovasi produk. Kembangkan produk-produk baru yang sedang dicari oleh konsumen. Misalnya Anda yang memiliki bisnis gamis dan kerudung, bisa beralih membuat masker berbahan kain. Masker adalah salah satu item yang paling dibutuhkan selama pandemi sehingga bisa menjadi peluang bisnis yang bagus.
Maksimalkan promosi
Gencarkan proses promosi untuk menarik perhatian calon konsumen. Anda bisa memberi harga diskon atau menggratiskan ongkos kirim. Meski potongan harga tidak besar, namun orang tetap akan tertarik memilikinya. Terlebih bila produk yang Anda jual unik dan hanya tersedia dalam edisi terbatas.
Karena mayoritas calon pembeli merupakan pengguna media sosial, gunakanlah ini sebagai peluang. Buat konten promosi yang sesuai dengan isu terkini serta menampilkan foto produk yang atraktif. Bila memiliki dana berlebih, sewa jasa influencer yang sesuai dengan gambaran produk Anda. Jangan hanya mengutamakan awareness saja, namun juga membangun nilai positif pada brand.
Ubah strategi pemasaran
Bila ingin meningkatkan angka penjualan bisnis e-commerce di masa pandemi tak hanya bisa memanfaatkan media sosial saja. Sudah saatnya memanfaatkan jasa periklanan online seperti Google atau bekerja sama dengan berbagai media online ternama.
Ubahlah strategi pemasaran dengan mengevaluasi siapa saja yang menjadi target pasar hingga sistem pemesanan dan pengiriman barang. Agar mendapatkan hasil maksimal, Anda bisa menyewa perusahaan yang ahli dalam menangani pemasaran digital ini. Sementara itu, Anda bisa lebih fokus kepada pengembangan produk dan perbaikan kinerja bisnis.
Meningkatkan Kepuasan Pelanggan
Kepuasan pelanggan merupakan faktor penting untuk membuat bertahannya bisnis e-commerce di masa pandemi. Semakin ketatnya persaingan bisnis online selama masa pandemi ini, membuat Anda harus mengatur strategi jitu agar bisa mempertahankan pelanggan.
Bila terdapat ulasan buruk dari seorang pembeli, maka e-commerce Anda kemungkinan besar akan sulit mendapatkan calon pelanggan baru. Lengkapi bagian deskripsi produk agar calon konsumen mendapatkan informasi yang cukup mengenai barang yang akan ia beli. Adakan pula fitur pengembalian barang agar konsumen merasa semakin aman berbelanja.
Selain itu, menjawab pertanyaan termasuk komplain secara cepat dan efisien adalah hal yang wajib dilakukan demi memberi pengalaman yang baik untuk pelanggan.
Memilih Jasa Pengiriman Berkualitas
Bila memiliki bisnis e-commerce pastikan selalu memilih jasa pengiriman berkualitas. Tak hanya kepuasan pelanggan yang dipertaruhkan, namun juga nama baik bisnis. Bila produk yang dikirimkan mengalami kerusakan di tengah jalan, tentu akan sangat merugikan.
Karena itu, sebaiknya pilih jasa pengiriman barang yang tak hanya memberikan jaminan kecepatan pengiriman, namun juga bisa menjaga barang berada dalam kondisi baik hingga sampai di tangan konsumen.
Mempertahankan bisnis e-commerce di masa pandemi memang bukanlah hal yang gampang. Salah satu cara untuk memudahkan kerja Anda adalah dengan memilih jasa pengiriman berkualitas dan bisa dipercaya seperti LODI. LODI kini sudah bermitra dengan berbagai jasa pengiriman di Indonesia. Karena itu, Anda bisa mengirim barang ke seluruh Indonesia dengan berbagai pilihan jasa pengiriman sekaligus.