
Berkat jasa logistik, distribusi barang pun semakin luas dan mudah untuk dilakukan. Jasa logistik menghubungkan satu kota dengan kota lainnya, sehingga pengiriman barang bisa dilakukan dengan cepat dan tidak menurunkan kualitas dari barang tersebut. Bagi pelaku UMKM, cara pengiriman barang online ini wajib untuk dipahami supaya Anda dapat mengembangkan bisnis dan meningkatkan omzet penjualan.
Bagaimana cara pengiriman barang online dengan jasa logistik yang dapat meningkatkan omzet Anda? LODI memberi tahu caranya di sini.
Bungkus Barang dengan Baik
Saat Anda mengirim barang dengan jasa logistik, pastikan bahwa pengemasan barang betul-betul diperhatikan dengan cermat. Jika Anda mengirimkan barang dengan spesifikasi tertentu seperti misalnya makanan dan minuman atau barang pecah belah.
Misalnya, apabila Anda mengirimkan barang pecah belah, Anda dapat mengemas barang tersebut dengan menggunakan busa sebelum memasukkannya ke dalam boks. Jangan lupa untuk memberi tahu kepada kurir atau kepada penanggung jawab jasa pengiriman mengenai spesifikasi barang.
Ukur Barang dan Cek Ongkos Kirim
Sebelum mengirimkan barang ke konsumen, pertama-tama, Anda harus mengetahui ukuran dari barang tersebut. Pasalnya, berat dan ukuran barang memengaruhi harga ongkos.
Timbang berat barang yang akan dikirim. Jika barang dikirim di dalam kardus, Anda juga dapat menghitung volumenya. Kemudian, cek ongkos kirim barang ke tempat tujuan. Tarif pengiriman beragam sesuai dengan berat dan volume barang serta lokasi tempat tujuan.
Jika Perlu, Gunakan Asuransi
Anda juga dapat menggunakan fitur asuransi untuk barang-barang tertentu. Fitur asuransi akan menjamin barang-barang Anda sampai dengan selamat. Selain itu, jika ada beberapa hal yang tidak diinginkan, sistem asuransi akan memberikan ganti sehingga Anda dan pembeli tidak akan merasa dirugikan.
Sistem asuransi ini sifatnya opsional. Tanyakan kepada pembeli apakah ia ingin menggunakan fitur asuransi atau tidak. Secara umum, tambahan harga asuransi dalam ongkos kirim tidak besar, tetapi manfaatnya cukup terasa, terutama apabila lokasi tujuan cukup jauh dari Anda.
Gunakan Jasa Penjemputan
LODI menyediakan kurir untuk menjemput barang yang akan dikirim oleh penjual. Jasa ini akan mempermudah Anda dalam melakukan pengiriman. Anda tidak perlu menghabiskan waktu untuk pergi ke lokasi ekspedisi. Kurir dari LODI akan menjemput barang yang akan Anda kirim sesuai dengan waktu yang telah dijanjikan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukan pengecekan barang dan mempersiapkannya sebelum diberikan kepada kurir.
Kurir kemudian akan mengumpulkan barang ke gudang. Barang-barang tersebut akan dipilah berdasarkan lokasi tujuan dan jenis-jenis barang dan dikirimkan secepatnya. Anda dapat mengecek status barang melalui nomor resi yang diberikan.
Masih bingung memilih jasa pengiriman yang tepat untuk menunjang bisnis Anda? LODI menyediakannya buat Anda. Dengan fasilitas last mile delivery dari LODI, barang bisa langsung dikirimkan kepada pelanggan. Keuntungan dari menggunakan last mile delivery service adalah tidak adanya pihak ketiga, sehingga distribusi barang dapat berlangsung dengan cepat. Hal ini juga dapat mengurangi beban biaya sehingga pelanggan pun dapat memesan barang Anda dengan harga yang lebih murah.
Bersama LODI, dapatkan cara pengiriman barang online masa kini yang lancar dan lebih cepat. Tak hanya jasa pengiriman, Anda juga dapat menggunakan jasa lain seperti jasa fulfillment dan juga gudang logistik. Sekarang, Anda telah memiliki solusi untuk memuaskan pelanggan dan membuat mereka bertahan memilih produk Anda. Tak perlu ragu, jadikan bisnis lebih profesional bersama LODI.