
Seiring berjalannya waktu, sudah banyak pelaku bisnis yang melakukan migrasi penjualan dari offline ke online. Hal tersebut terjadi dikarenakan internet yang lebih mudah diakses, sehingga para konsumen lebih banyak memilih untuk melakukan berbelanja secara online. Berdasarkan data Bank Indonesia yaitu, transaksi e-Commerce tahun 2021 mencapai Rp403 triliun dan masih akan meningkat 31,4 persen (Rp530 triliun) pada 2022.
Pelaku bisnis online saat ini berkesempatan besar untuk memanfaatkan peluang yang sedang berkembang ini dengan memberikan pelayanan terbaik untuk para pelanggan seperti tersedianya akses untuk membeli produk yang diinginkan, pengiriman yang cepat, serta kecepatan dalam melayani konsumen.
Untuk terus dapat mempertahankan pelanggan, Anda harus memastikan agar semua pesanan dapat dipenuhi secara cepat, tepat, serta efisien. Mengoptimalkan proses dan juga strategi pemenuhan pesanan atau order fulfillment merupakan hal utama dalam meminimalisir pengeluaran dan mendapatkan keuntungan yang maksimal serta kepuasan dari pelanggan Anda.
Tetapi pada kenyataannya, banyak pelaku bisnis menghadapi kesulitan dalam melakukan pemenuhan pesanan sehingga bisnis tidak berjalan dengan baik. Berikut beberapa contoh kendala yang merupakan gejala bahwa usaha telah membutuhkan jasa fulfillment eksternal:
- Gudang Penyimpanan Sudah Penuh
Keterbatasan penyimpanan menjadi kendala Anda untuk dapat menyimpan stok barang sebanyak mungkin, padahal banyak pesanan masuk yang harus segera dipenuhi. Sehingga membuat Anda berpeluang dalam kehilangan pelanggan.
- Terjadi kesalahan pengiriman barang
Adanya keluhan dari pelanggan dikarenakan Anda melakukan kesalahan dalam pengiriman barang seperti kesalahan menulis alamat yang dituju ataupun barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dipesan. Hal ini akan membuat pelanggan Anda kecewa sehingga akan berakibat buruk pada bisnis Anda.
- Kewalahan Menangani Pesanan
Pesanan yang masuk semakin banyak dan membutuhkan waktu kerja yang lebih demi memenuhi semua pesanan dan tak jarang juga keluhan dari pelanggan karena lamanya proses dalam mengurus pesanan.
Layanan fulfillment sangat cocok untuk para pelaku bisnis online yang tidak ingin menghadapi atau mungkin sedang menghadapi tanda-tanda di atas. Melalui fulfillment Anda akan mendapatkan pelayanan pemenuhan pesanan yang meliputi dari pengemasan barang, penyimpanan barang di dalam gudang logistik, hingga pemeriksaan barang yang masuk ke dalam warehouse.
Yuk, mulai gunakan jasa fulfillment LODI dari sekarang. Pelanggan senang, bisnis pun akan semakin cuan.