
Melakukan pengiriman barang menjadi hal yang sering dilakukan dalam kehidupan saat ini. Dalam sepekan ini, Anda mungkin sudah melakukan pengiriman atau bahkan menerima barang setidaknya satu kali, apalagi saat pandemi ini kebanyakan orang lebih memilih untuk memesan dan membeli barang secara online.
Maka dari itu, kualitas pengiriman barang menjadi hal utama dalam menjalankan bisnis online. Pengiriman tidak sekedar kirim barang hingga sampai ke tangan pelanggan. Pengiriman barang juga menjadi komitmen bisnis dalam memberikan pengalaman berbelanja yang menyeluruh dan berkualitas bagi pelanggan.
Anda sebagai pelaku bisnis online harus mampu memberikan pelayanan pengiriman dengan baik agar dapat terhindar dari kesalahan yang sering terjadi dalam pengiriman, sehingga bisnis yang Anda jalani dapat terus berkembang. Mungkin kesalahan-kesalahan ini dianggap tidak terlalu besar, tetapi memberikan efek terhadap reputasi bisnis Anda. Berikut beberapa kesalahan umum yang sering terjadi dalam bisnis online saat melakukan pengiriman.
- Tidak Melakukan Cek Kelayakan Barang
Sebelum Anda melakukan pengemasan, hal yang wajib dilakukan yaitu melakukan cek kelayakan barang. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya keluhan dari pelanggan. Pastikan barang yang Anda kirim benar-benar tidak ada cacat sedikit pun.
- Pengemasan Tidak Sesuai dengan Jenis Barang
Pengemasan yang tidak sesuai saat melakukan pengiriman barang dapat merugikan Anda dan juga pelanggan. Hal tersebut kemungkinan terjadi karena adanya kerusakan barang saat perjalanan. Untuk menghindari hal tersebut, identifikasi terlebih dahulu barang yang akan dikirimkan lalu sesuaikan pengemasan apa yang tepat untuk barang tersebut agar aman dalam perjalanan
- Salah Mencantumkan Informasi Pengiriman
Hal ini adalah kesalahan yang cukup fatal. Mencantumkan informasi pengiriman yang tidak sesuai dapat membuat pengiriman Anda menjadi terlambat atau tidak selesai bahkan menyebabkan barang menjadi hilang. Pastinya pelanggan Anda akan kecewa dan membuat bisnis Anda mengalami kerugian karena harus mengganti rugi untuk memperbaiki reputasi bisnis Anda. Maka itu, pastikan berulang kali alamat pengiriman secara detail sudah sesuai.
- Perkiraan Berat Barang yang Kurang Akurat
Jika Anda menjual barang dengan ukuran dan berat yang cukup besar, jangan sampai salah dalam memperkirakan berat barang. Untuk itu Anda memerlukan alat ukur berat yang akurat. Hal tersebut perlu dilakukan untuk menghindari Anda mengeluarkan biaya lebih karena berat barang tidak sesuai.
Dengan memahami kesalahan-kesalahan umum yang sering dilakukan para pebisnis online dalam melakukan pengiriman, sekarang Anda bisa lebih berhati-hati dan menghindari melakukan kesalahan tersebut. Sehingga Anda dapat menghemat waktu dan biaya untuk pengeluaran yang tidak seharusnya.
Jika Anda masih sering mengalami kesalahan–kesalahan tersebut, tim LODI dapat membantu Anda melalui layanan fulfillment. Melalui fulfillment Anda akan mendapatkan pelayanan pemenuhan pesanan yang meliputi dari pengemasan barang, penyimpanan barang di dalam gudang logistik, hingga pemeriksaan barang yang masuk ke dalam warehouse. Sehingga barang yang diterima pelanggan sudah dipastikan tidak akan ada kesalahan dan membuat reputasi bisnis Anda semakin baik.