
Dalam menjalankan bisnis secara online, terdapat banyak hal yang dapat mempengaruhi kemajuan bisnis. Salah satunya adalah dengan memiliki pelanggan setia. Dengan memiliki banyak pelanggan setia, keuntungan bisnis yang akan didapat pun dapat diamankan.
Tak hanya berasal dari produk berkualitas yang dibutuhkan ataupun strategi pemasaran yang tepat, ada banyak aspek yang bisa dilakukan untuk mendapatkan pelanggan setia. Salah satunya adalah proses pengiriman yang nyaman dan aman hingga ke tangan pembeli, sehingga rasa kepercayaan dan pengalaman berbelanja yang menyenangkan bisa dirasakan oleh konsumen. Sadar tak sadar, kenyamanan dalam berbelanja adalah salah satu prioritas utama bagi banyak pelanggan di samping kualitas produk itu sendiri.
Apa saja sebenarnya faktor yang dapat memberikan kenyamanan pengiriman bagi pelanggan?
Proses Order yang Mulus
Penyelesaian pesanan yang baik mulai dari pengemasan hingga produk diterima oleh pelanggan sesuai dan tidak mengalami kerusakan adalah sebuah faktor krusial yang wajib menjadi fokus para pemilik usaha.
Adanya kendala di faktor ini bisa saja terjadi akibat kesalahan di proses pengemasan yang menyebabkan produk mengalami kerusakan dalam pengirimannya ke pelanggan. Selain itu, proses penyimpanan produk di gudang pun mempengaruhi kualitas dari produk.
Pengiriman Sesuai Permintaan
Pelanggan dapat memilih sesuai dengan keinginan maupun kebutuhan: kapan dan di mana mereka menginginkannya. Salah satu contoh poin ini adalah dengan penjual menyediakan pilihan layanan pengiriman instan atau pengiriman di hari yang sama (same day delivery). Dengan adanya pilihan pengiriman ini, pemrosesan pesanan dilakukan secepat mungkin setelah pesanan masuk dan tanpa penjadwalan lanjutan. Barang dikirim ke pelanggan dalam beberapa jam atau bahkan menit dari saat pembelian.
Transparan dalam Pengiriman
Adanya opsi untuk memantau aktivitas pengiriman dapat memberikan rasa aman untuk pelanggan, sehingga pelanggan dapat mengetahui posisi barang dari waktu ke waktu dan tidak perlu merasa khawatir produk yang dibelinya tidak diterima. Pelacakan pengiriman pada proses pengiriman ini akan cukup memberi pengaruh besar pada pengalaman berbelanja yang didapatkan oleh pelanggan secara keseluruhan.
Beberapa faktor tersebut dapat menjadi pengalaman pengiriman yang nyaman dan menjadi pertimbangan yang dimiliki pelanggan saat melakukan pemesanan. Maka dari itu pebisnis dan perusahaan logistik harus mengadopsi solusi teknologi untuk memenuhi harapan pelanggan.
LODI memberikan solusi untuk para pebisnis dalam melakukan pemenuhan pesanan melalui layanan fulfillment mulai dari proses picking, penyimpanan produk, hingga proses packing yang sudah ditangani oleh tim profesional, serta last mile delivery yang akan menambah kualitas perbelanjaan konsumen produk Anda. Bisnis Anda pun akan mendapatkan jaminan kenyamanan dalam pengiriman serta tak perlu khawatir kehilangan pelanggan.