
Permintaan pelanggan yang semakin tinggi serta perubahan perilaku dalam berbelanja menjadikan banyak perusahaan mulai menerapkan digitalisasi dalam menunjang operasional aktivitas bisnis. Dalam hal ini, transformasi digitalisasi dan otomatisasi juga turut dilakukan para industri logistik.
Sistem digitalisasi logistik atau e-logistics sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kinerja terutama bagi pengguna jasa logistik. Dengan diterapkannya digitalisasi logistik terdapat beberapa fokus yang menjadi perhatian, terutama yang berkaitan dengan kecepatan, fleksibilitas dan efisien.
Dengan latar belakang ini, digitalisasi logistik menjadi semakin penting bagi perusahaan untuk dapat terus memenuhi kebutuhan pelanggan dan ingin meningkatkan bisnis. Pelajari lebih lanjut tentang topik ini di artikel berikut.
Kecepatan
Seiring dengan perubahan perilaku pelanggan yang mempengaruhi sistem operasional, dengan digitalisasi ini, seluruh pergerakan dan proses logistik akan semakin lebih cepat. Selain itu transformasi digital jaringan proses logistik, memberikan lebih banyak transparansi dalam pengiriman.
Fleksibilitas
Perkembangan digitalisasi dalam proses logistik memberikan dampak yang positif bagi perusahaan, yaitu menjadikan proses bisnis menjadi lebih fleksibel. Proses pengiriman dapat terlaksana secara fleksibel karena memungkinkan pelanggan untuk menentukan jasa pengiriman yang mereka inginkan.
Melalui layanan last mile delivery memberikan kemudahan bagi perusahaan atau pun pemilik bisnis dalam memenuhi proses pengiriman pesanan pelanggan dengan satu sistem yang terintegrasi, sehingga dapat melakukan monitoring pergerakan barang pesanan dari mulai keluar dari gudang penyimpanan hingga sampai tujuan.
Efisiensi
Digitalisasi logistik menjadikan proses bisnis yang efisien sehingga seluruh proses pemenuhan pesanan terjadi pada satu sistem yang terintegrasi. Dalam hal ini layanan fulfillment memungkinkan perusahaan atau pemilik bisnis mendapatkan solusi dalam melakukan penanganan pemenuhan pesanan pelanggan mulai dari picking, penyimpanan, hingga packing.
Ini menawarkan peluang pertumbuhan yang luar biasa dan keunggulan yang kompetitif bagi perusahaan untuk menerapkan proses digitalisasi logistik yang dapat meningkatkan performa bisnis. Karena perusahaan atau pemilik bisnis akan lebih fokus dalam memikirkan strategi penjualan dan melakukan ekspansi bisnis.
Beberapa masalah yang sering dihadapi ketika perusahaan atau pun pemilik bisnis belum menggunakan logistik digital yaitu pemenuhan pesanan yang lama, produk yang dikirim tidak sesuai pesanan, dan hal lainnya. Jangan sampai bisnis Anda mendapatkan penilaian buruk dari pelanggan karena akan mempengaruhi reputasi bisnis Anda.
Berdasarkan data penjualan yang didapat dari POWS dashboard LODI, salah satu produk kecantikan asal Korea yaitu mengalami peningkatan jumlah pesanan di e-commerce sebesar 100% setelah menggunakan layanan fulfillment LODI. Hal tersebut karena LODI mampu menyelesaikan pesanan hingga 99,9%, sesuai dengan komitmen yang dimiliki LODI yaitu memastikan setiap pesanan yang masuk ditangani dengan sempurna demi mencapai kepuasan dari pembeli.
Untuk membantu transformasi digitalisasi logistik, LODI sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi memberikan layanan fulfillment dan last mile delivery bagi perusahaan dan pemilik bisnis. Dengan sistem yang sudah terintegrasi ke berbagai marketplace, akses data inventaris barang secara real time, pilihan pengiriman yang beragam, serta tim logistik yang profesional.
Segera hubungi tim LODI untuk informasi lebih lanjut.