
Salah satu kunci keberhasilan e-commerce adalah layanan pengiriman yang dapat diandalkan. Transaksi e-commerce akan diselesaikan jika produk yang dipesan oleh dapat terkirim dan diterima oleh pelanggan dengan tepat. Last Mile Delivery adalah solusi strategis untuk memenuhi ekspektasi pasar tersebut dan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.
Layanan Last Mile Delivery sebenarnya dipengaruhi oleh tren belanja masyarakat saat ini. Terlebih, kini belanja online menjadi tren yang berkembang pesat di hampir semua lapisan masyarakat. Dikutip dari World Economic Forum, pertumbuhan Last Mile Delivery diperkirakan akan meningkat hingga 78% di tahun 2030.
Meskipun setiap langkah harus dilakukan dengan serius, tidak ada poin yang lebih diprioritaskan daripada Last Mile Delivery agar pelanggan mendapatkan barang dengan kualitas dan kecepatan yang baik. Oleh sebab itu, tantangan perusahaan dan para pemilik bisnis online saat ini adalah mempercepat pengiriman barang untuk pelanggan.
Cari tahu informasi lebih mengenai layanan Last Mile Delivery dalam artikel berikut.
Apa itu Last Mile Delivery?
Last Mile Delivery atau yang dalam Bahasa Indonesia berarti Pengiriman Mil Terakhir merupakan rangkaian jaringan distribusi dimana seorang pihak distributor atau yang disebut juga dengan retailer tidak memilih untuk menggunakan jasa pengiriman pihak ketiga. Dalam hal ini, pihak distributor akan mengirim paket ke rumah-rumah konsumen secara langsung.
Dalam melakukan berbelanja secara online, waktu pengiriman menjadi hal paling berharga karena pelanggan menantikan untuk menerima barang-barang yang dipesan. Kondisi ini merupakan unsur yang paling menantang untuk membuat pengiriman yang efisien. Sebagian besar tantangan tersebut berkaitan dengan harapan tinggi para pelanggan untuk memperoleh produk secepatnya.
Setelah memahami informasi mengenai layanan Last Mile Delivery, berikut alasan mengapa bisnis Anda membutuhkannya.
1. Pengiriman yang Fleksibel
Di era on-demand ini, menetapkan pengiriman ke kurir yang tepat adalah hal krusial. Pengiriman harus bisa fleksibel dan cepat menyesuaikan permintaan yang dinamis tersebut. Oleh sebab itu, melalui layanan Last Mile Delivery milik LODI Anda dapat mengatur waktu pengiriman menyesuaikan dengan kebutuhan pesanan perusahaan atau pun bisnis Anda.
yang telah terintegrasi, maka pesanan pengiriman yang masuk dapat ditugaskan secara otomatis ke kurir agar bisa dikirimkan tepat waktu. Begitupun dengan pengiriman dalam skala besar, bisa ditugaskan secara otomatis sehingga bisa lebih menghemat waktu dan meningkatkan efektivitas operasional bisnis.
2. Lacak Pengiriman Dalam Satu Dashboard
Melacak pengiriman tidak hanya membantu kontrol lebih baik, untuk memberikan rasa aman kepada pelanggan. Selain itu dapat juga membantu pelanggan untuk mengetahui lokasi barangnya sehingga dapat memprediksi kemungkinan kapan barang tersebut sampai di tujuan.
Melacak pengiriman tak perlu lagi satu per satu masuk ke dalam website kurir pengiriman yang Anda pilih. Melalui layanan Last Mile Delivery milik LODI Anda dapat melacak pengiriman melalui satu dashboard. Sehingga bisa lebih menghemat waktu dan meningkatkan efektivitas operasional bisnis.
3. Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Meningkat
Satu-satunya cara untuk menjaga bisnis Anda berjalan ke arah yang benar adalah dengan memastikan kepuasan pelanggan Anda. Ditambah lagi dengan adanya persaingan bisnis yang kompetitif maka loyalitas pelanggan menjadi hal yang sangat penting. Akurasi dan transparansi yang ditawarkan Last Mile Delivery dapat berdampak positif pada kepercayaan pelanggan. Serta kualitas pengiriman yang memenuhi ekspektasi pelanggan dapat membuat pelanggan enggan berpindah ke perusahaan lain.
Segera hubungi tim LODI Indonesia untuk informasi lebih mengenai layanan Last Mile Delivery.