
Berita di media online maupun sosial media akhir-akhir ini bermunculan perihal keributan antara kurir dan pelanggan COD (Cash On Delivery). Dengan beragam faktor penyebabnya, antara lain barang yang diterima mengalami kerusakan atau adanya ketidaksesuaian dan hal lainnya lagi. Tentu saja sebagai pelanggan COD merasa dirugikan dalam pembelian, akan tetapi karena kurangnya pemahaman mengenai prosedur sistem COD sehingga kurir selalu menjadi sasaran kemarahan pelanggan. Karena tanggung jawab kurir hanya mengantarkan barang kepada pelanggan.
COD atau Cash On Delivery merupakan transaksi pembelanjaan online yang dimana pelanggan baru akan melakukan pembayaran kepada kurir saat barang atau produk sudah diterima. COD merupakan salah satu cara pembayaran transaksi pembelanjaan online yang banyak diminati.
Menurut survei dari Jakpat yang dilakukan pada bulan April sampai Juni 2021, 54% responden mereka memilih menggunakan COD sebagai metode pembayaran yang diminati selama satu tahun terakhir. Menurut responden, hal ini dikarenakan dengan COD mereka dapat memastikan barang benar-benar sampai serta merasa dimudahkan saat malas untuk pergi ke ATM, tidak memiliki akun bank dan tidak memiliki e-wallet.
Dalam webinar LODI Space dengan tema “Layanan COD yang Aman Untuk Bisnis yang Lebih Optimal” yang diadakan hari Selasa, 12 Juli 2022, memberikan informasi bagi perusahaan ataupun pemilik bisnis yang memiliki toko online perlu memberikan edukasi kepada pelanggan mengenai prosedur sistem COD. Seperti edukasi mengenai pembayaran harus dibayarkan kepada kurir saat barang diterima dalam keadaan sesuai ataupun tidak sesuai. Serta cara pelanggan untuk mengajukan komplain dan pengembalian barang jika barang yang diterima tidak sesuai.
Head of Transport Operations LODI, Caesandro A. Destarata menjelaskan adapun COD yang dilakukan dalam platform e-commerce ataupun website toko online memiliki keuntungan yang dapat dirasakan oleh perusahaan ataupun pemilik bisnis, yaitu:
Meminimalisir Penipuan
COD dapat digunakan untuk membantu meminimalkan risiko penipuan karena pelanggan baru akan menerima barang yang dipesan saat mereka sudah melakukan pembayaran pada kurir.
Meningkatkan Penjualan
Sistem pembayaran COD sangat memudahkan pelanggan yang ingin melakukan pembelanjaan namun memiliki keterbatasan untuk melakukan transfer seperti tidak memiliki akun bank, jarak ke ATM jauh, tidak memiliki m-banking atau e-wallet. Dengan kemudahan tersebut maka pelanggan akan merasa nyaman saat melakukan pembelanjaan sehingga adanya kemungkinan untuk melakukan pembelanjaan ulang.
Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan
Salah satu kunci sukses berbisnis online adalah menjaga kepercayaan pelanggan. Sistem COD yang aman dapat memberikan hal tersebut, karena pelanggan baru akan melakukan pembayaran saat barang sampai. Kepercayaan tentu akan membuat pelanggan merasa puas berbelanja di toko online perusahaan atau bisnis Anda.
Untuk menghindari adanya kegagalan atau komplain pelanggan dalam mengaktifkan sistem COD pastikan pemilik toko online memeriksa kesesuaian barang yang dipesan pelanggan serta memberikan catatan penting pada toko online bahwa barang COD tidak boleh dibuka atau merusak bungkus paketnya sebelum kurir menerima pembayaran dari pelanggan. Dan jika barang yang dipesan tidak sesuai, pelanggan dapat melakukan komplain melalui aplikasi e-commerce atau website toko online dimana mereka melakukan transaksi.
Abdurrachman Saleh selaku Sr. Sales Manager SiCepat Ekspres juga menjelaskan alasan mengapa harus mengaktifkan sistem COD pada toko online perusahaan atau bisnis Anda, yaitu dapat menjangkau lebih banyak konsumen, menumbuhkan rasa aman dan nyaman pelanggan dalam bertransaksi, memberikan kemudahan bagi pelanggan dengan metode pembayaran yang bervariasi, pengembalian barang lebih cepat jika terjadi kesalahan, tidak perlu melakukan verifikasi bukti transfer sehingga meringankan pekerjaan admin, serta tambahan keuntungan dari biaya admin COD.
Ketika memutuskan akan mengaktifkan sistem COD pada toko online perusahaan atau bisnis Anda, pastikan juga untuk memilih ekspedisi terbaik seperti yang ditawarkan oleh LODI. LODI telah bekerja sama dengan ekspedisi terpercaya yang juga akan meningkatkan keamanan barang pesanan pelanggan perusahaan atau bisnis Anda untuk sampai ke tujuan sehingga sistem COD dapat berjalan dengan lancar.