
Menjelang akhir tahun, banyak momen-momen spesial yang menawarkan promo menarik bagi pelanggan salah satunya promo di tanggal kembar yang diadakan setiap bulannya mulai dari 9.9, 10.10, hingga puncaknya di tanggal 12.12. Ini menjadi peluang bagi pelaku bisnis untuk menjangkau pelanggan online yang jumlahnya terus bertambah.
Menurut laporan NielsenIQ, kategori fesyen dan pakaian olahraga merupakan produk yang paling laris saat tanggal kembar di tahun 2021, persentasenya mencapai 80%. Mayoritas barang yang diminati pelanggan mulai dari pakaian, tas dan dompet, serta aksesoris.
Lalu kategori kosmetik berada di peringkat kedua sebagai produk paling banyak dibeli dengan persentase sebesar 53%. Mayoritas pelanggan membeli make up, parfum, sabun pembersih wajah, alat kecantikan kuku, dan alat kosmetik.
Alasan utama pelanggan melakukan pembelian saat tanggal kembar adalah karena adanya potongan harga. Sehingga saat tanggal kembar banyak brand berlomba-lomba untuk memberikan potongan harga besar-besaran untuk menarik pelanggan. Dengan jangkauan pelanggan yang semakin luas, tak hanya strategi saja yang perlu disiapkan oleh para pelaku bisnis. Tetapi kesiapan dalam menangani pesanan yang melonjak tinggi.
Melonjaknya pesanan tanpa penanganan yang baik akan menyebabkan tingginya return order atau pengembalian produk pesanan. Ada beberapa alasan pelanggan melakukan pengembalian produk pesanan, diantaranya adalah produk yang diterima mengalami kerusakan atau tidak sesuai dengan yang dipesan.
Mengelola banyak return order bisa sangat melelahkan bagi para pelaku bisnis. Tak hanya itu, toko online perusahaan atau pun bisnis Anda pun akan mendapatkan review buruk dari pelanggan. Penting bagi pelaku bisnis untuk menjaga efisiensi proses transaksi agar bisnis dapat berjalan dengan lancar dan membawa kepuasan bagi pelanggan.
Berikut tips menurunkan return order untuk perusahaan atau pun bisnis Anda.
Tampilan dan deskripsi produk yang jelas
Pelanggan offline memiliki kesempatan mencoba produk sebelum membelinya. Mereka bisa mencoba baju atau mencium parfum yang hendak mereka beli. Tetapi, pelanggan online tidak dapat melakukan hal tersebut.
pelanggan online bergantung pada foto atau video serta deskripsi produk yang ditampilkan pada toko online. Semakin foto atau video produk itu tampak nyata, pelanggan bisa menilai apakah produk tersebut adalah produk yang mereka cari. Begitupun deskripsi produk. Semakin jelas deskripsinya, pelanggan semakin bijak dalam membeli dan return order pun akan berkurang.
Review produk dari pelanggan
Sebagian besar pelanggan melandasi keputusan pembelian mereka dengan membaca review serta rating produk. Review membantu pelanggan menentukan apakah produk ini sesuai dengan kebutuhan mereka serta menumbuhkan kepercayaan pelanggan. Review dapat memberikan informasi penting lain yang tidak ada dalam katalog dan deskripsi produk.
Review dari pelanggan dapat menyebutkan hal-hal yang bisa mengedukasi pelanggan lain, seperti ukuran, daya tahan, stabilitas, kesesuaian, dan lainnya bersifat subjektif. Hal tersebut akan memberikan keyakinan pelanggan dalam mengambil keputusan dalam pembelian sehingga dapat mengurangi tingkat return order
Maksimalkan fitur live chat
Memaksimalkan fitur live chat pada toko online milik perusahaan atau pun bisnis Anda memungkinkan pelanggan bertanya mengenai produk yang akan dibelinya. Cara ini tidak hanya membantu Anda mempercepat proses penjualan tapi juga meningkatkan kepercayaan pelanggan. Dengan demikian, kecil kemungkinan mereka melakukan pengembalian produk.
Perhatikan proses sebelum pengiriman
Pengemasan yang baik berperan penting dalam mencegah kerusakan produk dalam proses pengiriman. Dengan memahami karakteristik produk yang akan dikirim akan terhindar dari kerusakan produk saat proses pengiriman. Selain itu pastikan pula memilih jasa pengiriman yang kredibel karena hal tersebut dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan sehingga meminimalisir return order.
LODI terdiri dari individu-individu profesional dan ahli di bidang operasional logistik. Tak hanya itu, LODI pun didukung oleh partner logistik yang kredibel serta berkomitmen untuk memberikan layanan maksimal. Sehingga tak perlu khawatir dalam menghadapi lonjakan pesanan saat tanggal kembar.
Sudah siap menghadapi lonjakan pesanan saat tanggal kembar nanti? Segera hubungi tim LODI untuk informasi lebih lanjut.