
Dalam aktivitas logistik, lead time merupakan hal terpenting dalam faktor kepuasan pelanggan. Karena pada umumnya pelanggan menginginkan produk yang dipesan dapat sampai dengan waktu yang cepat. Maka lead time mengacu pada waktu dalam melakukan pemenuhan pesanan, yaitu waktu yang dibutuhkan mulai dari memproses pesanan yang masuk hingga pesanan sampai ke pelanggan Anda. Tim operasional logistik memiliki peran penting untuk memastikan dan memantau untuk menjaga lead time dalam proses pemenuhan pesanan tersebut.
Karena jika bisnis Anda memiliki lead time lebih lama akan mengakibatkan inefisiensi dan pemborosan sumber daya sehingga akan berpengaruh negatif pada penjualan bisnis Anda. Upaya mengurangi lead time dapat dilakukan mulai dari mengoptimalkan operasional layanan pemenuhan pesanan. Keberhasilan dalam pengendalian lead time akan membuat perusahaan ataupun bisnis Anda mampu menghasilkan pendapatan dan keuntungan yang lebih tinggi.
Ada beberapa cara yang dapat bisnis Anda lakukan untuk mengurangi lead time dalam proses pemenuhan pesanan, yaitu:
Buat prediksi penjualan
Anda dapat membuat prediksi penjualan berdasarkan data aktivitas penjualan pada kanal penjualan yang digunakan oleh bisnis Anda. Prediksi tersebut akan mempengaruhi pengelolaan inventaris pada gudang penyimpanan, sehingga dapat mengantisipasi produk yang dibutuhkan oleh pelanggan dan dapat dengan cepat memproses pesanan yang masuk.
Ubah metode pengiriman
Anda dapat mengatur metode pengiriman alternatif yang lebih cepat atau menawarkan penambahan waktu pengiriman menjadi lebih sering. Mungkin ada pemilik bisnis yang lebih menyukai metode pengiriman lebih lambat namun dapat menghemat biaya lebih banyak, yang tentunya akan mempengaruhi lead time. Menyediakan beragam metode pengiriman yang lebih fleksibel mungkin dapat mengurangi lead time secara bertahap, meskipun mungkin akan ada biaya tambahan.
Otomatisasi prosesnya
Mengurangi input data secara manual dalam mengelola persediaan stok produk sangat penting untuk mempercepat proses manajemen inventaris dan meminimalisir kesalahan. Kebutuhan untuk mendapatkan kecepatan dan akurasi dalam operasional pemenuhan pesanan seperti pengambilan, penyimpanan, dan pengiriman mendorong perusahaan atau pun bisnis untuk menggabungkan solusi otomatisasi yang meningkatkan manajemen inventaris.
Dengan memanfaatkan teknologi seperti melakukan integrasi antara kanal penjualan yang digunakan bisnis Anda dengan sistem manajemen pergudangan agar segala aktivitas pergudangan dapat terpantau dan menghindari adanya gangguan atau dengan cepat mengetahui perubahan aktivitas pergudangan yang terjadi.
Melalui solusi otomatisasi tersebut, maka kecepatan dalam melakukan pemenuhan pesanan akan meningkat dan total waktu dari penerimaan dan persiapan produk di gudang hingga pengiriman ke pelanggan akan berkurang secara signifikan.
Peran penyedia layanan logistik dapat menjadi solusi untuk bisnis Anda dalam mengoptimalkan lead time pada proses pemenuhan pesanan. LODI sebagai penyedia layanan logistik berbasis teknologi memiliki sistem manajemen pergudangan yang dapat diandalkan. Melalui fitur-fitur yang disediakan Anda dapat menggunakan data yang tersedia pada sistem untuk menganalisis proses logistik guna mengoptimalkan operasional logistik, menerapkan strategi pergudangan yang lebih produktif, dan melakukan pemenuhan pesanan lebih efisien. Yang dimana aktivitas pergudangan tersebut dapat Anda pantau secara real time dalam POWS dashboard LODI.
Segera hubungi tim LODI untuk solusi teknologi terbaik perusahaan atau pun bisnis Anda.