
Harbolnas, terutama di 12.12 bisa dibilang merupakan momen puncak penjualan bagi para pelaku bisnis. Menjelang Harbolnas, biasanya penjualan akan meningkat. Namun setelah momen Harbolnas 12.12 selesai, akan menjadi sebuah tantangan bagi para pelaku bisnis untuk tetap mempertahankan penjualan agar tetap maksimal. Penting untuk menyiapkan strategi untuk menjaga angka penjualan tersebut agar penjualan bisa tetap stabil ke depannya dengan mempertahankan loyalitas pelanggan Anda.
Lalu, bagaimana langkah tepat untuk menjaga loyalitas pelanggan agar tingkat penjualan tidak mengalami penurunan yang drastis setelah Harbolnas selesai? Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan para pelaku bisnis untuk mempertahankan penjualan.
Perpanjangan Promo
Saat momen Harbolnas berlangsung, beberapa pelanggan Anda mungkin melewatkan promo yang diberikan karena periode promo yang berlangsung singkat. Untuk dapat menjaga tingkat penjualan, Anda dapat memberikan promo tambahan. Promo ini tidak harus sama persis dengan promo yang ditawarkan saat Harbolnas, tetapi perlu dipastikan agar pelanggan tetap merasa diuntungkan dengan adanya promo tersebut. Dengan demikian, pelanggan yang melewatkan promo tetap berkesempatan mendapatkannya.
Jaga Hubungan dengan Pelanggan
Jaga hubungan dengan pelanggan, Anda dapat menanyakan tanggapan atau meminta ulasan kepada pelanggan Anda setelah melakukan pembelanjaan. Anda pun dapat memanfaatkan data email email pelanggan dengan mengirimkan email kepada pelanggan.
Email yang dikirimkan tidak harus selalu ditujukan untuk menjual produk. Anda dapat mengirimkan email untuk mengucapkan terima kasih, mengingatkan mereka atas produk yang telah mereka masukkan di shopping cart, meminta mereka memberi rating atau mengisi survei, atau mengumumkan informasi promo yang akan berlangsung. Hal-hal tersebut dapat menjadi dorongan kepada pelanggan untuk melakukan pembelanjaan.
Cara ini akan membuat pelanggan semakin ingat dengan brand Anda, juga meningkatkan traffic ke website toko online. Namun, hindari terlalu sering mengirim email karena pelanggan bisa merasa terganggu atau email bisa masuk ke dalam spam.
Penuhi Kepuasan Pelanggan
Setelah memberikan promosi kepada pelanggan, hal selanjutnya yaitu memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Pelanggan yang telah tertarik pada promosi bisnis Anda maka memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian, jangan sampai pelanggan Anda merasakan pengalaman berbelanja yang buruk. Pastikan berikan kemudahan pelanggan dalam mengakses produk yang dijual serta produk yang dikirim sesuai dengan yang ditawarkan.
Selain itu, tak ada salahnya dengan memberikan apresiasi kepada pelanggan Anda dengan memberikan bonus atau hadiah dari setiap melakukan pembelian produk dalam jumlah tertentu.
Pelajari Ketertarikan dan Perilaku Pelanggan
Anda dapat menganalisis data dari hasil penjualan Harbolnas untuk mempelajari ketertarikan dan perilaku target pelanggan Anda. Cari tahu produk apa yang paling banyak dibeli, dari platform mana mereka berbelanja, metode pembayaran apa yang cenderung dipilih konsumen untuk melakukan pembayaran, berapa rata-rata nilai transaksi per pelanggan, promo yang mana yang paling tinggi tingkat konversinya, dan data-data lainnya.
Dari data-data tersebut, Anda dapat mengenal perilaku berbelanja dari target pelanggan sehingga Anda dapat menyesuaikan strategi penjualan berdasarkan analisis tersebut.
Melalui POWS dashboard milik LODI yang telah terintegrasi dengan beragam marketplace dan juga web commerce, Anda dapat mengetahui produk apa saja yang paling laku dalam penjualan hingga pelanggan dari area mana saja kah yang paling banyak melakukan pembelian. Sehingga Anda dapat membuat analisis berdasarkan data penjualan hanya dalam satu dashboard saja.
Tak hanya itu saja, Anda pun dapat memantau aktivitas gudang mulai dari pelacakan jumlah stock yang dapat dipantau secara real time serta informasi mengenai usia produk yang tersimpan di dalam gudang.
Tunggu apalagi? segera hubungi tim LODI untuk informasi lebih lanjut.