
Pengalaman pelanggan yang menyenangkan merupakan kunci kesuksesan para pelaku bisnis. Dengan adanya peningkatan transaksi e-Commerce setiap tahunnya, maka muncul kebutuhan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan untuk kepuasan pelanggan.
Seberapa penting kepuasan pelanggan bagi para pelaku bisnis? Berdasarkan hasil survei dari Deloitte menunjukkan sekitar 76% dari responden mereka menganggap bahwa tingkat kenyamanan secara keseluruhan dalam membeli suatu produk sebagai faktor penting dalam keputusan pembelian. Selain itu, menurut PWC, cara untuk menjadi tetap relevan di era digital ini adalah membuat pendekatan customer centric dengan cara mengintegrasikan data pelanggan di setiap kanal dan membentuk customer engagements yang personal.
Banyak aspek dalam bisnis yang terlibat dalam pembentukan pengalaman pelanggan yang menyenangkan. Namun, perlu diingat bahwa pengalaman ini harus mencakup setiap aspek dari produk yang ditawarkan oleh brand atau bisnis.
Ciptakan pengalaman pelanggan pada tahap pre-sales
Pada tahap ini Anda dapat melakukan dengan memberikan informasi yang dibutuhkan pelanggan secara tepat serta menjawab pertanyaan mereka mengenai produk Anda. Guna menciptakan pengalaman pelanggan maka informasi harus tersedia dengan mudah bagi pelanggan untuk mencapai apa yang mereka inginkan tanpa harus melalui langkah panjang.
Dengan memberikan sumber informasi yang lengkap mulai dari foto produk yang jelas, harga, hingga spesifikasi produk. Hal ini akan memberikan pengetahuan menyeluruh tentang produk Anda kepada calon pelanggan dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian. Fungsi admin sangat diperlukan untuk memastikan semua pertanyaan lebih lanjut pelanggan dijawab dengan tepat dan cepat.
Tahap post-sales untuk pengalaman pelanggan yang maksimal
Bangun komunikasi yang efektif melalui berbagai saluran komunikasi yang digunakan oleh pelanggan. Salah satunya dengan membuat pelanggan merasa istimewa dan diperhatikan oleh bisnis Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan menawarkan produk lainnya yang sesuai dengan kebutuhan mereka, memberikan rewards kepada mereka atau Anda dapat melakukan personalisasi bahasa yang digunakan saat berkomunikasi dengan mereka, seperti menyapa dengan namanya.
Membangun program customer loyalty atau menawarkan diskon dan reward kepada pelanggan yang loyal juga dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan kesetiaan pelanggan. Anda dapat memberikannya pada saat setelah pelanggan melakukan pembelian dalam jumlah tertentu. Selanjutnya, Anda dapat meminta pelanggan memberikan ulasan mengenai produk.
Tingkatkan pengalaman pelanggan dalam proses penjualan sekarang
Bangun pengalaman berbelanja pelanggan yang menyenangkan untuk kesuksesan bisnis Anda. Maka sangat penting bagi pelaku bisnis untuk memastikan bahwa pada tahap pre-sales dan post-sales yang dilakukan dapat berpengaruh pada kepuasan pelanggan yang tinggi. Dengan membangun engagement yang baik pada tahap pre-sales dan post-sales, pelanggan akan mendapatkan kesan positif tentang bisnis. Pelanggan yang merasa puas akan meningkatkan loyalitas serta ulasan positif pada bisnis Anda.
Kontrol ketersediaan serta kualitas pengiriman produk tak kalah penting dalam pengalaman pelanggan pada proses pembelanjaan untuk mendapatkan ulasan yang positif. LODI dapat membantu dalam menemukan solusi terbaik untuk bisnis Anda yang lebih optimal. Melalui fitur yang tersedia pada POWS dashboard LODI, Anda dapat membuat demand forecast untuk tahap pre-sales dengan melihat riwayat data bisnis Anda dan mengamati tren saat ini sehingga sangat membantu dalam mempersiapkan stok produk yang tersedia untuk pelanggan.
Selain itu, LODI akan menjaga kualitas produk yang disimpan pada gudang penyimpanan dan memastikan produk yang akan dikirimkan kepada pelanggan sudah aman untuk dilakukan pengemasan dan siap untuk dikirim.
Apakah Anda siap untuk membangun pengalaman pelanggan yang menyenangkan? Hubungi tim LODI untuk informasi lebih lanjut.