
Para pelanggan eCommerce saat ini memiliki ekspektasi yang cukup tinggi terhadap produk yang dipesannya, sehingga sebagai pelaku bisnis perlu untuk berpikir bahwa perlu memenuhi ekspektasi pelanggan tersebut dengan memberikan pelayanan dengan produk yang harus tiba dengan cepat dan dengan biaya pengiriman yang cukup rendah. Meskipun menawarkan hal ini tidak selalu merupakan kemungkinan bagi para pelaku bisnis, proses pemenuhan pesanan yang sangat baik masih dapat mengubah pengalaman berbelanja mereka.
Berikut adalah cara yang dapat bisnis Anda lakukan untuk dapat memaksimalkan pengalaman pelanggan:
Berikan Pengalaman Pemesanan yang Mudah
Ini adalah langkah pertama dalam perjalanan pemenuhan. Jika pelanggan Anda tidak dapat memesan dengan mudah, mereka cenderung menjadi frustasi. Penting untuk memastikan situs web Anda mudah dinavigasi. Ini juga harus responsif, artinya secara otomatis akan menyesuaikan dengan perangkat ukuran apa pun yang dipesan oleh pelanggan Anda.
Hal lain yang perlu diingat: Jangan mengejutkan pelanggan Anda saat checkout dengan harga tersembunyi. Salah satu frustasi terbesar bagi pembeli adalah mengetahui biaya pengiriman di akhir transaksi mereka. Jika jumlahnya terlalu tinggi, mereka mungkin mengabaikan keranjangnya dan mencari di tempat lain (perkiraan mengungkapkan bahwa 55% keranjang yang ditinggalkan disebabkan oleh biaya pengiriman). Jadi, bergantung pada produk Anda, Anda dapat mempertimbangkan sistem pengiriman tarif tetap untuk memberikan biaya di muka.
Satu hal terakhir yang perlu dipertimbangkan jika Anda memiliki volume yang cukup adalah memiliki staf yang siap menjawab pertanyaan pelanggan melalui telepon; atau, situs web Anda dapat menyertakan chatbot berkemampuan kecerdasan buatan untuk menjawab pertanyaan dasar. Jika tidak satu pun dari opsi ini, pastikan Anda memiliki bagian FAQ yang kuat di situs web Anda.
Memberikan Permintaan Kecepatan Pengiriman
Berkat munculnya teknologi baru, konsumen menuntut kecepatan pengiriman yang lebih cepat daripada sebelumnya. Jika Anda ingin memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa yang mengubah pelanggan satu kali menjadi pembeli berulang, Anda harus dapat menyelaraskan dengan ekspektasi yang berkembang ini. Lagi pula, jika Anda tidak dapat memenuhi permintaan pengiriman atau memiliki proses pemenuhan yang lambat yang mendorong kembali jadwal pengiriman Anda, pelanggan Anda hanya akan beralih ke pesaing yang bisa mendapatkan produk yang mereka butuhkan lebih cepat. Faktanya, 53% konsumen mengatakan bahwa mereka telah meninggalkan pembelian online karena waktu pengiriman yang lambat.
Dengan bekerja sama dengan perusahaan pemenuhan yang memiliki proses pemenuhan pesanan yang efisien dan efisien, Anda dapat memastikan produk Anda sampai ke pelanggan dengan aman dan cepat. Misalnya, Fulfillment milik LODI menjamin pengiriman yang tepat waktu karena telah bekerja sama dengan beragam layanan pengiriman profesional di Indonesia.
Dengan bekerja sama dengan perusahaan pemenuhan yang memiliki proses pemenuhan pesanan yang efisien dan efisien, Anda dapat memastikan produk Anda sampai ke pelanggan dengan aman dan cepat. Ketika pelanggan Anda mendapatkan paket mereka ketika Anda mengatakan mereka akan puas dengan pengalaman pengguna dan lebih mungkin untuk membeli dari Anda lagi. Ini adalah peluang yang sangat besar karena jika Anda memiliki perusahaan pemenuhan yang mampu mengirimkan produk Anda tepat waktu, Anda dapat mengembangkan keunggulan kompetitif yang berharga dan menonjol dari persaingan yang tidak memiliki proses pemenuhan yang andal dan efisien.
Meningkatkan Visibilitas
Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan pengalaman pelanggan, meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pasti dapat membantu. Dengan bekerja sama dengan perusahaan pemenuhan yang dapat memastikan produk Anda dikirimkan tepat waktu dan bebas kerusakan, Anda dapat memuaskan pelanggan dengan lebih baik. Tapi mari kita bersikap realistis—terkadang, kesalahan terjadi. Itulah mengapa penting untuk bekerja dengan perusahaan pemenuhan yang juga dapat transparan tentang logistik pemenuhan mereka dan memberikan visibilitas waktu nyata ke dalam proses pemenuhan end-to-end mereka. Dengan cara ini, jika ada kesalahan yang tidak menguntungkan, Anda dapat melihat dengan tepat di mana kesalahan tersebut dibuat sehingga Anda dapat menjangkau pelanggan, memberikan pembaruan yang akurat, dan memastikan masalah tersebut tidak terjadi lagi di masa mendatang.
Transparansi ini dapat sangat membantu dalam memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa dan membangun loyalitas merek jangka panjang. Faktanya, 53% konsumen cenderung mempertimbangkan brand yang menurut mereka transparan, dan 94% mengatakan bahwa mereka cenderung setia pada merek yang menawarkan transparansi. Ini adalah peluang lain yang dapat dimanfaatkan oleh kemitraan Fulfillment milik LODI dengan memastikan pengiriman cepat yang akan membantu Anda menyelaraskan dengan preferensi konsumen tentang kecepatan pengiriman dan memberikan visibilitas penuh untuk pelacakan secara menyeluruh. Ini dapat memungkinkan Anda memberikan transparansi penuh kepada pelanggan yang mereka cari.
Segera lakukan konsultasi dengan tim profesional LODI untuk mendapatkan solusi logistik bisnis Anda!