
Kebutuhan untuk meningkatkan pemenuhan pesanan e-Commerce Anda adalah seluruh proses yang dilalui perusahaan saat menerima pesanan dari pelanggan hingga dikirimkan. Di sisi lain, bisnis Anda juga harus berurusan dengan pengembalian ketika pelanggan ingin mengirim sesuatu kembali karena mereka berubah pikiran, mengalami masalah, atau perlu diperbaiki. Pemenuhan pesanan sangat penting dalam bisnis e-Commerce. Kegiatan ini termasuk mengumpulkan dan menyimpan inventaris, memenuhi pesanan, dan mengelola proses pasca penjualan.
Bisnis dengan strategi pemenuhan pesanan yang efisien dapat terhindar dari kesalahan yang merugikan, mengurangi biaya pengiriman, dan menghemat sumber daya. Sementara itu, untuk memastikan kepuasan pelanggan dan menghindari ulasan buruk, Anda harus mencari cara untuk meningkatkan proses ini. Misalnya, ketika pelanggan memesan barang melalui toko online Anda, Anda harus mengirimkannya kepada pembeli dalam jangka waktu tertentu untuk menghindari pembatalan. Berikut adalah lima strategi praktis untuk meningkatkan proses pemenuhan pesanan e-Commerce Anda.
1. Maksimalkan Kapasitas Penyimpanan
Dalam bisnis, penyimpanan adalah fungsi yang mencakup penanganan item dalam periode produksi hingga tahap terakhir siklus penjualan. Saat Anda memaksimalkan ruang gudang Anda, Anda cenderung meningkatkan efisiensi proses operasional perusahaan Anda dan menghindari peluang penjualan yang hilang.
Karena penyimpanan gudang sangat penting dalam pemenuhan e-Commerce, Anda harus memaksimalkan kapasitas fasilitas Anda. Salah satunya dalam proses ini memanfaatkan area yang kosong. Jika memungkinkan, Anda juga harus mempertimbangkan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak manajemen gudang untuk membantu Anda melacak inventaris dan meningkatkan efisiensi proses manajemen inventaris Anda.
2. Aktifkan Visibilitas Pesanan Menyeluruh
Visibilitas pesanan melacak jumlah item di dalam gudang. Anda dapat memantau setiap pesanan melalui proses pemenuhan dan transportasi dengan melihat aktivitas inventaris. Hal tersebut dapat membantu Anda menentukan langkah terbaik berikutnya untuk meningkatkan proses bisnis. Misalnya, jika bisnis Anda kewalahan dengan pesanan, Anda dapat menyediakan layanan pelanggan yang cepat untuk menghindari menerima banyak keluhan.
Dengan visibilitas pesanan memainkan peran penting dalam pemenuhan e-Commerce, pemilik bisnis harus mengaktifkan visibilitas pesanan secara menyeluruh. Strategi ini memberikan transparansi sehingga Anda dapat memantau setiap pergerakan yang memengaruhi logistik bisnis Anda. Setelah itu, Anda dapat memberikan informasi pengiriman secara real-time kepada pelanggan Anda dan menawarkan jaminan pengiriman kepada mereka.
3. Maksimalkan Proses Pemesanan
Pemrosesan pesanan adalah saat konsumen melakukan pemesanan dan bisnis Anda mengonfirmasi ketersediaan barang. Selanjutnya, Anda akan mengumpulkan barang dari gudang, mengirimkannya ke area penyortiran, mengemas produk, dan mengirimkannya kepada pelanggan. Pemenuhan pesanan yang akurat dan tepat waktu dipastikan ketika bisnis dapat dengan mudah memverifikasi tingkat stok dan melacak pengiriman pesanan.
Perusahaan harus memaksimalkan alur kerja tersebut dengan menggunakan sistem pemrosesan pesanan otomatis. Anda dapat menggunakan teknologi ini untuk menggabungkan toko digital Anda dengan platform penjualan lainnya. Ini secara otomatis akan mengkonfirmasi pesanan setelah pembeli online menempatkan pesanan mereka. Hasilnya, Anda dapat meningkatkan akurasi dan menghilangkan kesalahan manual dalam bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengumpulkan informasi pelanggan seperti lokasi pengiriman yang sering dan jumlah pesanan untuk membantu Anda membuat keputusan berdasarkan data.
4. Berikan Real Time Informasi Pemesanan
Perusahaan harus selalu meyakinkan pelanggannya bahwa mereka membuat keputusan yang tepat. Jadi, setelah pelanggan memesan suatu produk, mereka harus sering menerima pemberitahuan tentang kemajuan proses pemenuhan. Saat perusahaan Anda memberikan pembaruan, klien Anda akan terus mempercayai merek Anda dan mendapatkan pengalaman yang memuaskan.
Secara signifikan, Anda harus berkomunikasi lebih banyak untuk memperdalam hubungan Anda dengan pelanggan Anda. Misalnya, Anda dapat mengirimkan pemberitahuan kepada pelanggan Anda tentang informasi pemantauan paket yang tepat setelah dikirimkan. Anda juga dapat menggunakan strategi ini untuk memberi tahu mereka tentang keterlambatan sehingga Anda dapat segera meminta maaf dan menghindari rasa kekecewaan pelanggan.
5. Terapkan Kebijakan Pengembalian
Dalam e-Commerce, menerima pengembalian barang adalah hal yang wajar karena sebagian besar pelanggan mencoba produk mereka untuk pertama kali dan mungkin memerlukan penggantian ukuran. Oleh karena itu, penting bagi bisnis Anda untuk memiliki prosedur yang jelas untuk pengembalian dan pengembalian uang pelanggan. Ini akan berguna dalam menetapkan parameter di mana pelanggan dapat mengembalikan barang untuk pengembalian dana.
Anda perlu berkomunikasi dengan pelanggan saat mengizinkan pengembalian produk karena hal ini membantu dalam mengembangkan kepercayaan. Namun, membuat kebijakan pengembalian barang dan pengembalian dana mengharuskan Anda menerapkan aturan khusus. Oleh karena itu, Anda harus menyampaikan poin dengan jelas, dengan menyatakan apakah bisnis Anda akan menerima penukaran, pengembalian, dan pengembalian uang dalam suatu periode. Setelah itu, Anda harus menyertakan daftar semua produk yang dikecualikan dari pengembalian ini dan menyematkannya di platform digital bisnis Anda.
Bisnis online harus secara konsisten memenuhi permintaan pelanggan agar dapat mendorong mereka lebih jauh untuk memilih suatu produk. Dengan ini LODI sebagai perusahaan logistik melalui layanan fulfillment memberikan solusi untuk meningkatkan pemenuhan e-Commerce Anda sehingga Anda dapat terus melampaui harapan pelanggan setia Anda. Segera lakukan konsultasi dengan tim profesional LODI untuk mendapatkan solusi dalam Meningkatkan Order Fulfillment pada Bisnis e-Commerce.