
Ramadan tahun ini menjadi bulan suci yang kembali normal setelah Pandemi Covid-19 berubah menjadi Endemi. Karenanya bulan ini diyakini menjadi bulan meningkatnya perilaku konsumtif masyarakat. Menurut data yang didapat dari Jakpat bahwa penjualan akan meningkat hingga 50% pada kategori fashion. Untuk itu pelaku bisnis harus mempersiapkan penanganan pesanan agar tidak terjadi kesalahan dan gagal pesanan karena penumpukan pesanan.
Lalu bagaimana cara atau strategi yang perlu pelaku bisnis ketahui agar semua proses dapat berjalan maksimal? Berikut adalah informasi penting yang perlu diketahui agar setiap prosesnya dapat terpenuhi secara maksimal.
- Menambah Pilihan Kurir
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menambah jumlah kurir, agar tidak terjadi penumpukan. Karena banyaknya pesanan dari berbagai toko online pastinya akan menghambat pihak ekspedisi dalam mengirimkan barang. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkan perusahaan logistik yang sedang berkembang dengan reputasi yang tentunya baik.
- Menambah Sumber Daya Manusia
Jika lonjakan pesanan menjelang Ramadan membuat Anda kewalahan, maka jangan paksakan diri untuk mengurus segalanya sendirian. Anda bisa membuka lowongan khusus selama bulan Ramadan hingga menjelang Idul Fitri agar tidak kewalahan dan bisa memenuhi permintaan dari para pelanggan Anda.
- Membaharui Informasi Stok Barang
Selain menambahkan opsi alternatif untuk kurir, Anda juga perlu memperbaharui informasi stok barang yang Anda miliki secara berkala. Hal ini penting dilakukan agar pelanggan yang ingin membeli tidak kekurangan informasi mengenai jumlah barang yang tersedia.
- Manfaatkan Teknologi
Di era yang serba digital ini, Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur yang bisa mempermudah Anda dalam mengatasi lonjakan pesanan di Ramadan tahun ini. Anda bisa memanfaatkan teknologi otomasi untuk mengefisiensikan waktu pelayanan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Dampak aktivitas logistik saat Ramadan
Peningkatan aktivitas berbelanja berbanding lurus akan aktivitas logistik yang akan dihadapi setiap pemilik bisnis saat Ramadan berlangsung. Di mana kesiapan SDM (Sumber Daya Manusia) harus disiapkan demi mencapai kepuasan dan kesuksesan penjualan.
Apabila penanganan tidak mencapai tahap kepuasan dan berujung pada kekecewaan. Berikut ini adalah data yang didapat apabila brand tidak memaksimalkan penjualannya selama musim berlangsung karena ketidaksiapan SDM:
- 94% konsumen menyalahkan pelaku bisnis atas pengiriman yang buruk.
- 38% pembeli online meninggalkan pesanan karena proses pengiriman paket yang membutuhkan waktu lebih dari seminggu.
- 73,6% pembeli mengatakan bahwa pengiriman adalah yang paling penting untuk keseluruhan membentuk pengalam berbelanja yang menyenangkan.
Lalu, bagaimana cara brand mengatasi hal ini?
Penanganan selama musim berlangsung harus dimaksimalkan sebaik mungkin karena hal ini akan berdampak pada kepuasan dan pembelian berulang dikemudian hari.
Adakah solusi yang tepat untuk menangani pesanan di Ramadan tahun ini?
LODI Jadi Solusi Tepat Penanganan Pesanan Anda
Untuk membantu transformasi digitalisasi logistik, LODI sebagai perusahaan logistik berbasis teknologi memberikan layanan fulfillment dan last mile delivery bagi perusahaan dan pemilik bisnis. Dengan sistem yang sudah terintegrasi ke berbagai marketplace, akses data inventaris barang secara real time, pilihan pengiriman yang beragam, serta tim logistik yang profesional.
Dengan adanya layanan LODI ini, Anda tidak perlu lagi direpotkan untuk penambahan kurir, sumber daya manusia, pembaharuan informasi stok hingga teknologi karena, LODI akan siapkan semua kebutuhan proses operasi logistik Anda.
Berdasarkan data penjualan yang didapat dari POWS dashboard LODI, salah satu produk kecantikan asal Korea yaitu mengalami peningkatan jumlah pesanan di e-commerce sebesar 100% setelah menggunakan layanan fulfillment LODI. Hal tersebut karena LODI mampu menyelesaikan pesanan hingga 99,9%, sesuai dengan komitmen yang dimiliki LODI yaitu memastikan setiap pesanan yang masuk ditangani dengan sempurna demi mencapai kepuasan dari pembeli.
Yuk, ngobrol lebih lanjut dengan logistic expert di LODI agar bisnis Anda bisa mencapai #GROWMADAN atau download free ebook LODI tentang tren, strategi dan dampak logistik di Ramadan tahun ini https://lodi.id/campaign/ramadan/