
Kepuasan pelanggan adalah salah satu faktor penting dalam menunjang kesuksesan bisnis terlebih di momen Ramadan. Karena di momen ini penjualan sedang ramai-ramainya di buru oleh pelanggan. Sehingga mengharuskan pelaku bisnis memaksimalkan penjualannya agar tercipta kepuasan pelanggan dan terhindar komplain atau hal lain yang dapat merugikan bisnis kedepannya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencapai kepuasan pelanggan yaitu melalui proses pengiriman produk yang cepat dan aman dengan menggunakan layanan Last Mile Delivery (LMD).
Last Mile Delivery (LMD) saat ini belum banyak digunakan oleh para pelaku bisnis online. Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai Last Mile Delivery dan seberapa penting perannya dalam pencapaian kepuasan pelanggan di Ramadan melalui artikel berikut!
Apa Itu Last Mile Delivery
Last Mile Delivery merupakan jaringan distribusi barang yang memungkinkan para distributor langsung mengirimkan barang ke tangan konsumen, tanpa melalui perantara pihak ketiga. Dengan metode ini, produk pesanan akan langsung ditujukan ke alamat yang diminta.
Jika sebelumnya para pemilik bisnis online harus membutuhkan waktu berhari-hari untuk mengirim produk pesanan kepada pelanggan, dengan konsep ini waktu kirim bisa dipersingkat. Banyak platform bisnis online besar bahkan sudah memiliki kurir tersendiri demi menjalankan Last Mile Delivery.
Last Mile Delivery sangat cocok digunakan oleh para pemilik bisnis online yang sedang kebanjiran pesanan sehingga tak memiliki cukup waktu untuk mengurus proses kirim barang. Contohnya di momen Ramadan seperti sekarang ini.
Memilih Penyedia Jasa Last Mile Delivery yang Tepat
Karena banyaknya Last Mile Delivery Center yang ada di Indonesia, sebagai pengguna jasa Anda harus cermat dalam memilih. Bila salah menentukan pilihan, justru akan berakibat buruk bagi kelangsungan usaha Anda. Beberapa faktor yang bisa menjadi pertimbangan sebelum menentukan pilihan agar tercipta kepuasan pelanggan antara lain:
- Memiliki Fitur Tracking
Salah satu fitur penting yang wajib dimiliki oleh penyedia jasa LMD adalah tracking. Dengan fitur ini, konsumen dapat selalu melakukan pengecekan soal keberadaan produk yang dibeli. Mereka pun tak perlu khawatir berlebihan dan terus menerus bertanya kepada pemilik toko.
- Punya Beragam Jasa Kurir
Tidak semua jasa pengiriman menjangkau sampai di seluruh pelosok Indonesia. Padahal konsumen toko online bisa datang dari mana saja termasuk mereka yang berada di pulau-pulau terluar. Karena itu, plihlah jasa LMD yang memiliki banyak pilihan jasa kurir. Hal tersebut akan sangat membantu Anda menentukan manakah kurir yang cocok digunakan untuk pengiriman paket ke pelanggan.
- Punya Asuransi
Adanya asuransi yang disediakan oleh jasa LMD sangatlah penting. Banyak komplain dari pembeli di toko online yang mengeluhkan kemasan paket yang rusak atau bahkan produk. Karena itu, sertakan biaya asuransi dalam setiap paket yang akan dikirim. Dengan antisipasi lebih dini, Anda tidak akan mengalami kerugian seandainya paket yang sampai di tangan konsumen cacat.
LODI Solusi LMD Bisnis Anda
Salah satu LMD terpercaya di Indonesia yang bisa menjadi solusi pengiriman produk bisnis online Anda adalah LODI. Perusahaan ini telah berdiri sejak tahun 2018 lalu dan menekuni bisnis dalam bidang pengelolaan logistik berbasis teknologi. Fitur pengiriman LODI tergolong lengkap sehingga pengguna jasa bisa memantau bisnisnya dari mana saja. Misalnya fitur API yang memungkinkan penjual mengatur waktu pengiriman atau fitur tracking untuk memantau keberadaan paket pesanan. Dengan staff profesional dan bantuan teknologi, LODI hadir membantu Anda mempertahankan pelanggan setia atau meningkatkan kepuasan pelanggan. Urus bisnis jadi lebih mudah bersama LODI.