FulfillmentLODIpedia

Lodi.id Fulfillment Center berada ditengah Masyarakat Membantu Keseimbangan Ekonomi di Tengan Pandemic Covid-19

By July 30, 2020October 15th, 2020No Comments

Ditengah permasalahan global yang terjadi baru-baru ini mengenai mewabahnya virus corona jenis baru yaitu Sars-Cov2 memiliki dampak cukup signifikan pada sektor perekonomian yang ada di Indonesia. Sektor pariwisata adalah yang paling mendapat pukulan besar dengan kondisi pandemic yang ada. Dikutip dari economy.okezone.com, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, perekonomian dunia dan Indonesia terdampak penyebaran COVID-19. Bahkan proyeksi ekonomi dunia direvisi/dipangkas karena pandemi corona. “Kondisi ekonomi Indonesia global sangat dipengaruhi oleh virus corona, seperti diketahui ekonomi global mengalami risiko penurunan yang sangat nyata,” kata Sri Mulyani dalam konferensi video APBN Kita, Rabu (18/3).

Sementara dampak ke ekonomi Indonesia dimulai dari sektor pariwisata. Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menjelaskan, “Jalur pariwisata jelas, distribusi dari perdagangan dan pasokan, dulu kita mungkin dua minggu terakhir kita melihat 27% impor nonmigas dari Tiongkok, 16,7% ekspor kita ke Tiongkok. Jadi apakah China akan mengendalikan dan me-recover itu akan sangat menentukan kita, dari sisi ekspor, impor dan pariwisata,” jelasnya. Kondisi yang ada saat ini memaksa pemerintah untuk menemukan celah yang mampu menopang keseimbangan ekonomi di Indonesia.

Disisi lain ditengah pandemic COVID-19 yang ada, masih ada secercah harapan dari beberapa sektor yang diprediksi akan mampu meningkat bahkan melonjak transaksinya di masa pandemic. Dikutip dari national.kontan.co.id, Ekonom Bank Permata Josua Pardede melihat di tengah melambatnya beberapa sektor pertumbuhan ekonomi, sektor yang masih berpotensi untuk tumbuh antara lain industri manufaktur, industri obat, serta industri jasa kesehatan. Meski begitu, kontribusi tiga sektor tersebut dalam pertumbuhan ekonomi hanya 9,18%. Selain ketiga sektor tersebut, sektor lain yang berpotensi tumbuh yaitu sektor komunikasi. Ini berkaitan dengan pilihan yang diambil masyarakat saat mobilitas dibatasi akibat penyebaran virus. “Masyarakat akan mengambil alternatif menggunakan internet sebagai sarana hiburan. Namun, sektor tersebut hanya memiliki proporsi 3,96% dari PDB,” terang Josua kepada Kontan.co.id, Minggu (22/3).

Pada perdagangan digital (ecommerce), peningkatan transaksi terjadi pada beberapa ecommerce lokal seperti tokopedia, bukalapak, dan blibli. Peningkatan transaksi terjadi di platform Tokopedia, terutama produk kesehatan dan bahan pokok. Begitu juga di Bukalapak. Sebelum ada pandemi corona, barang elektronik dan peralatan rumah tangga merupakan produk yang paling banyak dibeli. Kini, produk dan alat penunjang kesehatan lah yang paling dicari konsumen. Penjualan produk kesehatan, makanan ringan dan instan di Blibli pun melonjak selama pandemi corona. (katadata.com).

Tren positif pada ecommerce lokal tersebut diikuti oleh makin berkontibusinya perusahaan pergudangan dan pengiriman. Melalui itu, lodi.id sebagai fulfillment services berperan penting dalam menangani orderan ecommerce dengan berkontribusi menyediakan gudang untuk penyimpanan stok produk seller yang berdagang melalui ecommerce tersebut diatas. Selain itu lodi.id bekerja keras mengikuti tren positf terhadap lonjakan order ecommerce dengan memfasilitasi para seller dalam pengelolaan stok, pengemasan produk, pengiriman ke tangan pelanggan hingga layanan pengembalian (return services).

Lodi.id berusaha menunjang perekonomian Indonesia melalui penawaran khusus untuk penanganan kondisi pandemic saat ini dengan tetap melayani orderan ecommerce serta memberikan pembebasan biaya penyimpanan barang seller di gudang milik lodi selama satu bulan penuh. Usaha yang dilakukan juga dengan meningkatkan standar keamanan dan kesehatan mengikuti aturan pemerintah. Lodi.id menentukan standar pergudangan yang ada dengan menambahkan unsur-unsur penunjang kesehatan pada karyawan seperti penyediaan hand sanitizer di setiap sudut gudang, penyemprotan cairan desinfektan secara rutin dan mengharuskan karyawan menggunakan masker. Hal ini dilakukan untuk menjaga produk seller yang telah diamanahkan kepada lodi tetap aman dan steril sehingga dapat melayani dengan lebih baik. Lodi.id berkomitmen untuk tetap terus bekerja mendukung perekonomian Indonesia di tengah pandemi COVID-19.

Leave a Reply

Open chat
Dengan LODI Indonesia, ada yang bisa kami bantu?