Fulfillment

Mengenal Lebih Dalam Tentang Proses Fulfillment Bagi Bisnis Online

By October 16, 2020No Comments
Proses Fulfillment by LODI

Menjalankan bisnis online memang bukan perkara mudah. Kamu perlu tenaga ekstra untuk mencari strategi bisnis yang tepat, mengumpulkan pelanggan, mengatur stok barang, hingga mengelola pengiriman pesanan dalam satu waktu. Apalagi jika bisnis tersebut berkembang pesat. Kamu perlu mempertimbangkan menggunakan proses fulfillment dalam mengelola bisnis online.

 Proses fulfillment adalah proses transaksi jual-beli online, mulai dari pembelian yang dilakukan oleh customer hingga pengiriman pesanan oleh fulfillment center.

Jika diuraikan, berikut tahapan proses fulfillment dalam setiap transaksi:

  1. Customer melakukan pemesanan atas produk yang ditawarkan penjual, kemudian melakukan pembayaran.
  2. Penjual melakukan verifikasi pembayaran.
  3. Penjual memeriksa stok produk dan memberikan notifikasi atau pemberitahuan mengenai ketersediaan barang ke customer.
  4. Setelah stok berkurang untuk memenuhi pesanan customer, penjual menentukan apakah perlu dilakukan produksi tambahan untuk menggantikan stok yang berkurang atau pengisian inventory kembali.
  5. Penjual menentukan lokasi fulfillment center yang akan menangani pesanan customer, kemudian mengirimkan perintah pemenuhan order customer ke pada fulfillment center tersebut.
  6. Pengepakan oleh staf fulfillment center.
  7. Pengambilan pesanan dari tempat pengepakan dan penyimpanan stok barang.
  8. Proses pengiriman pesanan ke alamat customer yang dilakukan oleh ekspedisi.
  9. Penerimaan pesanan oleh customer.
  10. Proses dan pengelolaan barang retur oleh penjual jika ada.

Proses ini bisa berbeda-beda, tergantung model operasi masing-masing bisnis online atau perusahaan penyedia jasa fulfillment. Namun, secara garis besar proses order dengan jasa fulfillment berjalan seperti tahapan di atas.

Model Operasi Fulfillment dalam E-Commerce

Jika dilihat dari model bisnisnya, operasi jasa fulfillment memiliki bentuk yang berbeda-beda. Secara umum, berikut model operasi jasa fulfillment yang sering digunakan dalam bisnis:

  • Engineer-to-order ( ETO). Model operasi ini adalah produk dirancang sesuai spesifikasi yang diinginkan customer. Jenis bisnis yang sering menggunakan model ini adalah produk-produk perhiasan.
  • Make-to-order ( MTO). Setelah ada permintaan atau pesanan dari customer, produk baru diproduksi.
  • Assemble-to-order ( ATO). Pembuatan produk berdasarkan modul dan dirangkai dari berbagai komponen yang tersedia.
  • Make-to-stock ( MTS). Produk-produk standar pada umumnya. Biasanya diproduksi untuk mengisi stok pada inventory.
  • Digital Copy (DC). Salinan digital produk yang dilakukan dengan cara mengunduh produk dalam bentuk digitalnya, di mana inventory dihasilkan dari digital master.

Dalam bisnis e-commerce, produk-produk yang biasa diperjualbelikan berupa pakaian, makanan dalam kemasan, barang elektronik, dan apparel. Maka, model operasi fulfillment yang sering digunakan adalah ATO dan MTS.

Peran LODI Indonesia dalam Membantu E-commerce

Layanan jasa fulfillment memiliki peranan penting dalam pengelolaan bisnis online, terlebih untuk e-commerce yang menjalankan bisnis dengan model MTS. Karena pelaku bisnis memerlukan staf untuk melakukan aktivitas berikut:

  1. Penerimaan barang;
  2. Penyimpanan barang;
  3. Pengambilan barang saat pesanan diterima;
  4. Pengepakan barang;
  5. Pengaturan pengiriman ke alamat customer.

Mempekerjakan staf untuk melakukan aktivitas di atas tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Karenanya, kamu membutuhkan jasa fulfillment yang cepat, akurat, dan fleksibel, dengan biaya yang paling efisien.

LODI Indonesia adalah jawaban dari kebutuhan pemilik online shop dengan order melimpah, namun tidak memiliki banyak karyawan. Atau karyawan yang sibuk sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengurus online shop-nya. Maupun, pelaku e-commerce yang memiliki gudang penyimpanan barang sendiri.

Sebagai jembatan antara penjual dan konsumen, LODI Indonesia membantu kamu dari sisi operasional. Mulai dari menyimpan, memilah produk, menjaga kualitas produk, pengepakan jika ada pesanan, hingga pengiriman pesanan ke alamat customer. Selain menghemat biaya operasional, kehadiran LODI Indonesia juga bisa membuat pemilik bisnis lebih fokus pada strategi pemasaran.

Kehadiran LODI Indonesia mempermudah proses fulfillment, bukan? Jangan tunda lagi untuk menggunakan LODI Indonesia dalam bisnis online yang kamu geluti.

 

Image: Terry
Editor: Ania

 

Leave a Reply

Open chat
Dengan LODI Indonesia, ada yang bisa kami bantu?