Tips

Tips Menghindari Komplain dari Pelanggan di Toko

By July 30, 2020No Comments

Bicara mengenai jualan online, ada salah satu komponen yang sangat dekat dengan para pedagang online yaitu rating dan ulasan dari pembeli. Ulasan yang positif tentu saja akan menjadi daya tarik pelanggan lain untuk membeli dan membentuk kepercayaan kepada penjual sehingga memungkinkan terjadinya repeat order. Dan sebaliknya, jika toko atau produk yang dijual di toko tersebut mendapat ulasan dan rating yang negatif, nilai kepercayaan dari calon pelanggan ke toko tersebut akan berkurang atau bahkan tidak percaya. Untuk seller yang berjualan melalui marketplace, rating dan ulasan dari pembeli mungkin akan sangat berpengaruh pada penjualan.

Selain dari pada hal yang disebutkan diatas, rating dan ulasan juga berpengaruh pada system yang ada pada marketplace tempat berjualan. Sebagian besar marketplace memiliki algoritma tersendiri dari hasil pencarian berdasarkan relevansi untuk produk yang memiliki banyak ulasan dan rating tinggi akan diprioritaskan untuk paling pertama dilihat oleh calon pembeli. Itu berarti produk yang kalian jual akan muncul pada halaman depan atau mungkin di halaman depan dan paling pertama saat calon pembeli mencari produk dengan key words yang memiliki relevansi dengan kategori produk yang anda jual.

Bagi para penggiat bisnis online wajib mengupayakan toko onlinenya untuk tetap mendapatkan ulasan positif yang diikuti dengan rating toko yang baik. Tentu saja perlunya sebuah usaha yang harus dilakukan. Berikut ini adalah tips yang dapat dilakukan untuk menghindari atau setidaknya dapat meminimalisir terjadinya ulasan dan rating yang kurang baik.

Foto Produk

Sebagai seorang seller online yang professional, kita wajib menampilkan produk yang real di laman marketplace/website dan sesuai dengan produk yang kita jual. Ketidaksesuaian foto produk yang ditampilkan dengan keadaan asli produknya akan menimbulkan ulasan yang buruk bahkan lebih parah lagi akan mendapatkan rating yang paling rendah. Tentu saja hal ini tidak diinginkan oleh para seller maka dari itu gunakanlah foto produk yang sesuai dengan apa yang kita jual. Sebagai pengingat, Rasa kecewa pelanggan akan kesalahan ini akan membuat reputasi toko online kita menurun dan bahkan akan menurunkan kurva penjualan. Berbicara soal foto produk selain kesesuaiannya dengan produk yang kita jual, kita seharusnya memiliki usaha yang lebih ekstra untuk meyakinkan pembeli dan mengurangi ulasan yang kurang baik dengan memperhatikan resolusi dan pencahayaan disaat kita melakukan foto produk kita. Hal ini akan membantu meningkatkan kepercayaan calon pelanggan juga.

Deskripsi Produk

Pada deskripsi produk, usahakan tulisan yang kita buat sedetail mungkin, to the point dan spesifik. Ini bertujuan agar tidak ada kesalahpahaman mengenai produk yang akan dibeli oleh calon pembeli. Semakin detail deskripsi produk yang kita jual semakin jelas pula bayangan calon pembeli mengenai produk yang akan dibelinya. Kejelasan mengenai suatu produk merupakan yang paling penting dalam jual beli online karena calon pembeli tidak dapat melihat langsung produknya dan foto produk juga terbatas untuk dijadikan patokan maka dari itu calon pembeli akan sangat bergantung pada deskripsi produk. Intinya deskripsi produk merupakan gambaran yang nyata terhadap produk yang kita jual. Jadi, buatlah sedetail dan sespesifik mungkin.

Simpulan

Dari kedua point yang dijelaskan diatas dapat kita pahami bahwa untuk menghindari ulasan dan rating negative maka kita harus berusaha meproduksi foto produk yang berkualitas serta mempelajari cara-cara mendeskripsikan sesuatu melalui tulisan yang mampu merepresentasikan produk yang kita jual.

Leave a Reply

Open chat
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?