
Cara kerja bisnis online sangat berbeda dengan bisnis yang dijalankan secara konvensional. Perbedaan ini harus dipahami dengan baik oleh calon pebisnis yang memfokuskan usahanya secara daring ketimbang menjual produknya secara langsung ke toko pengecer.
Dengan memahami cara kerja bisnis online, Anda tidak akan merasa aneh dan asing dengan segala proses yang dijalankan. Efeknya, risiko mengalami kegagalan dalam berbisnis tidak akan terjadi. Berikut cara kerja bisnis yang dijalankan secara online.
Promosi yang Masif
Setelah membuka toko online dengan membuat website atau bergabung dengan marketplace, apakah pesanan akan masuk begitu saja? Jawabannya tentu saja tidak, apalagi persaingan di jenis usaha yang Anda lakukan cukup tinggi. Tanpa promosi, usaha yang sudah dilakukan akan sia-sia.
Anda bisa melakukan promosi di mana saja seperti media sosial atau ke status aplikasi chat dan menyasar teman atau saudara. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan fitur promosi berbayar yang ditawarkan oleh marketplace agar postingan produk muncul di atas saat dicari.
Memperbarui Stok Barang
Cara kerja bisnis online yang kedua adalah selalu memperbarui stok barang yang Anda miliki. Dengan melakukan ini, pembeli tidak akan merasa kecewa saat melakukan pesanan. Apalagi terlanjur membayar, tapi transaksinya akhirnya dibatalkan.
Lebih baik stok dibuat jadi nol dan mereka tidak jadi beli. Kalau memang membutuhkannya, calon pembeli bisa menghubungi terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa melakukan konfirmasi jika barang sudah ada stoknya.
Mengecek Pesanan dan Pembayaran
Saat toko online yang Anda jalankan sudah berkembang dengan baik, pesanan akan meningkat setiap hari. Lakukan pengecekan secara berkala seperti dua atau tiga kali dalam sehari untuk memproses pesanan.
Begitu ada pesanan masuk dan sudah dibayar, Anda bisa mencetak invoice dan melakukan pengemasan pada barang. Lakukan ini secara berkala setiap hari agar tidak menumpuk dan akhirnya telat saat mengirim barang.
Memperbarui Produk secara Berkala
Produk yang dijual secara online tidak hanya harus diperbarui stoknya saja. Anda juga harus memperbarui jenis produk yang kemungkinan masuk. Begitu ada produk keluaran terbaru dan menjadi tren, segera tambahkan jika Anda sudah memiliki stok.
Jangan Lupa Meminta Ulasan
Ulasan adalah hal penting untuk membangun branding. Saat pesanan sudah selesai, Anda bisa meminta pada konsumen untuk memberikan rating bintang lima dan memberikan ulasan yang baik.
Semakin tinggi bintang yang dimiliki, semakin terpercaya toko yang Anda miliki. Jadi, pembeli tidak akan ragu saat melakukan transaksi.
Mengirim Barang dengan Tepat
Cara kerja bisnis online yang terakhir adalah mengirim produk yang sudah dikemas langsung ke pembeli. Proses ini terlihat sederhana, tapi bisa merepotkan saat Anda salah menempelkan invoice dan juga alamat dari penerima.
Selalu hati-hati saat akan mengirim barang. Kerjakan satu per satu dan jangan mencampur semua pesanan menjadi satu. Risiko salah membungkus dan mengirim tetap ada dan cukup berbahaya untuk bisnis.
Sebenarnya masalah pengiriman barang bisa diserahkan pada layanan Last Mile Delivery milik LODI. Anda hanya perlu menyerahkan detail pesanan saja, mereka yang akan melakukan pengemasan sampai mengirim ke ekspedisi yang diinginkan pembeli.