
Seperti yang Anda ketahui saat ini usaha makanan online menjadi salah satu jenis usaha yang cukup diminati. Selain mudah dikenali oleh masyarakat, bisnis ini terbilang mudah untuk melakukan inovasi. Sehingga dapat menghadirkan berbagai produk yang bervariasi.
Nah, jika Anda berminat untuk mencoba usaha dibidang ini, Anda wajib mengetahui strategi marketing funnel berikut, agar Anda bisa memaksimalkan promosi dan melihat hasilnya dalam bentuk pendapatan.
Apa saja manfaat dan perannya? Yuk, cari tahu di bawah ini!
Apa itu marketing funnel?
Marketing funnel, dikenal juga sebagai sales funnel, adalah model yang digunakan dalam pemasaran untuk menggambarkan tahapan keputusan yang dilalui oleh calon pengguna dalam proses pembelian produk atau jasa. Apa saja tahapannya? Berikut penjelasannya!
- Awareness
Tahap awareness atau kesadaran adalah tahap pertama dalam marketing funnel. Pada tahap ini, calon pengguna mengetahui tentang produk atau jasa yang ditawarkan. Perusahaan perlu membuat konten yang menarik untuk menarik perhatian calon pelanggan dan mengarahkan mereka ke situs atau media sosial.
- Consideration
Atau tahap pertimbangan, adalah tahap ketika calon pembeli mulai mempertimbangkan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Pemilik bisnis perlu memberikan informasi yang cukup tentang produk atau jasa tersebut, serta memberikan testimoni atau review dari pelanggan yang sudah menggunakan produk atau jasa.
- Purchase
Tahap purchase adalah tahap ketika calon pengguna memutuskan untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan. Pemilik bisnis perlu memastikan proses pembelian berjalan dengan lancar dan menyediakan pelayanan pelanggan yang baik.
- Retention
Tahap retention atau retensi adalah tahap ketika pengguna menyukai produk atau jasa yang telah ditawarkan, dan berniat untuk melakukan pembelian secara berulang. Untuk mencapai tahap ini, perusahaan perlu memberikan pelayanan pelanggan yang baik dan memenuhi kebutuhan mereka agar tidak pindah ke pesaing.
- Advocacy
Tahap advocacy atau advokasi adalah tahap ketika pelanggan yang puas dengan produk atau jasa mulai mempromosikan produk atau jasa tersebut kepada orang lain. Pemilik bisnis perlu memanfaatkan kepuasan pelanggan untuk memperluas jangkauan produk atau jasa mereka dan menarik pelanggan baru.
Manfaat marketing funnel untuk bisnis makanan online?
Manfaat terbesar dari marketing funnel adalah measurability atau keterukurannya.
Konsep funnel yang Anda gunakan akan menunjukkan di tahap mana kamu kehilangan pelanggan sehingga Anda bisa merencanakan strategi bisnis lain yang lebih baik.
Misalnya, jika ternyata Anda mulai kehilangan pelanggan sebelum mereka mencapai tahap kedua funnel marketing, maka Anda memerlukan promosi sehingga brand awareness pelanggan lebih baik.
Sederhananya, marketing funnel berfungsi untuk mengedukasi dan mengarahkan target pasar atau calon pembeli potensial untuk melakukan sebuah action. Dengan marketing funnel yang solid, maka Anda akan lebih mudah dalam mendapatkan banyak pelanggan. Tidak hanya mendapatkan banyak pelanggan saja, para pelanggan tersebut bisa tetap setia dengan bisnis makanan online Anda.
Sehingga, Anda bisa mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Penting untuk diingat bahwa sebuah marketing funnel yang menarik harus selalu berubah dan beradaptasi dengan produk yang akan dijual. Untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda, jangan lupa untuk menggunakan layanan logistik yang handal. LODI sebagai layanan fulfillment dan last mile delivery hadir sebagai solusi agar pelaku bisnis dapat lebih mudah dalam mengelola operasional bisnisnya. Segera konsultasikan kebutuhan bisnis Anda kepada LODI sekarang!