
Salah satu cara melihat pesanan online Anda sampai dimana adalah dengan cara tracking barang kiriman melalui nomor resi yang diberikan oleh jasa ekspedisi. Dengan nomor resi ini, Anda bisa melakukan tracking untuk mengetahui status pengiriman hingga melihat paket sudah sampai dimana.
Saat berbelanja secara online, mungkin Anda khawatir apakah paket yang dipesan benar dikirimkan atau tidak. Maka dari itu, Anda harus tahu cara melacak paket untuk mengetahui status pengiriman hingga mengetahui keberadaan paket dengan mudah dan terpercaya.
Beberapa poin yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui cara tracking barang kiriman yang terpercaya adalah sebagai berikut:
- Cek invoice
Jika ingin melacak atau melihat pesanan online sudah sampai dimana, langkah pertama yaitu cek invoice yang Anda terima dari pihak toko atau seller terlebih dahulu. Pada invoice tersebut, ada beberapa informasi penting seputar barang yang dipesan hingga jasa pengiriman yang digunakan.
Saat berbelanja secara online, pastikan simpan invoice yang diberikan oleh penjual atau pihak seller. Hal ini karena invoice berisi informasi dan data penting yang Anda butuhkan khususnya saat ingin melihat pengiriman paket sudah sampai dimana.
- Cek nomor resi
Nomor resi biasanya tercantum dalam invoice yang diberikan oleh toko online atau penjual online. Nomor resi ini terdiri dari kombinasi angka dan huruf yang menjadi identitas atas paket yang dikirim. Biasanya nomor resi terletak pada posisi paling atas di dalam invoice.
Nomor resi ini nantinya bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket dan status pengiriman secara online melalui website jasa ekspedisi. Untuk itu, pastikan simpan nomor resi yang diberikan oleh penjual dengan baik, karena akan berguna jika Anda ingin melacak paket yang dikirimkan.
- Cek kurir
Sebelum melacak nomor resi, jangan lupa cek kurir untuk pengiriman paket tersebut. Informasi kurir atau jasa ekspedisi ini juga terlampir secara jelas di lembar invoice yang diberikan oleh pihak toko atau penjual.
Beberapa penjual ada yang membebaskan pelanggan untuk memilih jasa ekspedisi sesuai dengan kebutuhannya. Akan tetapi beberapa yang lain telah menentukan jasa ekspedisinya sendiri sehingga Anda perlu cek invoice untuk memastikan jasa ekspedisi atau kurir apa yang digunakan untuk membantu proses pengiriman paket tersebut.
- Lakukan tracking
Setelah mendapatkan informasi mengenai nomor resi dan jasa ekspedisi yang digunakan, langkah selanjutnya adalah lakukan tracking . Cara ini dilakukan untuk melacak keberadaan paket sudah sampai dimana, sekaligus mengetahui status paket apakah sudah diterima ataupun belum.
Untuk melakukan tracking paket, caranya pun cukup mudah. Buka website jasa ekspedisi yang digunakan untuk pengiriman paket melalui browser kemudian masukkan nomor resi yang tertera pada invoice.
Untuk memastikan paket yang Anda pesan sampai tujuan tepat waktu dengan aman, ada baiknya lakukan pengecekan status pengiriman secara rutin. Maka dari itu, pastikan simpan nomor resi pengiriman dengan baik karena akan berguna untuk pelacakan paket.
Itulah beberapa cara tracking barang kiriman yang terpercaya yang dapat dilakukan.
Apabila Anda membutuhkan layanan pengiriman, Anda dapat percayakan pada last mile delivery milik LODI. Layanan yang sudah terintegrasi dengan pengiriman terpercaya di Indonesia. Segera konsultasikan kebutuhan pengiriman bisnis Anda pada LODI!