
Dalam menjalankan bisnis, Anda tentu ingin memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan. Tahukah Anda bahwa kepuasan pelanggan merupakan penentu keberhasilan dalam menjalankan bisnis? Jika pelanggan merasa puas dengan produk maupun layanan yang diberikan, maka loyalitas mereka pun akan semakin tinggi, dan tentunya akan berdampak baik bagi bisnis Anda ke depannya.
Namun sebelumnya apakah definisi kepuasan pelanggan sebenarnya? Menurut Philip Kotler (1997), kepuasan konsumen atau pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja (hasil) suatu produk dengan harapannya. Sehingga tingkatan kepuasan pelanggan dapat mengacu pada fungsi dari perbedaan antara kinerja yang dirasakan dengan harapan. Apabila kinerja, khususnya kinerja pelayanan dan lain sebagainya dibawah harapan, maka pelanggan akan tidak puas. Dan bila kinerja sesuai harapan, maka pelanggan akan memberikan ungkapan rasa kepuasannya.
Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan itu sendiri. Jika faktor-faktor tersebut dapat terpenuhi dengan baik, maka loyalitas pelanggan pun akan terbangun sehingga pendapatan bisnis Anda pun akan meningkat. Bahkan di tengah persaingan saat ini, bisnis Anda akan tetap mampu bertahan dan unggul karena pelanggan merasa mendapatkan pelayanan yang diharapkan.
Berikut adalah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan:
- Kualitas Produk
Sebagai pelanggan, pasti kita mengharapkan produk yang dibeli memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan yang dipasarkan.
Maka dari itu, Anda sebagai pebisnis perlu memperhatikan kualitas produk jualan Anda agar pelanggan Anda tidak merasa kecewa.
- Kualitas Pelayanan
Kualitas pelayanan menjadi faktor kepuasan pelanggan karena, jika Anda dapat memberikan pelayanan yang baik maka pelanggan Anda pun akan merasa nyaman.
Faktor-faktor yang berpengaruh pada kualitas pelayanan antara lain yaitu kecepatan, ketepatan, dan keramahan customer service Anda dalam melayani pelanggan.
- Harga Produk
Harga produk yang ditawarkan sangat berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Anda, karena pelanggan akan mempertimbangkan harga produk yang dibeli apakah sesuai dengan kualitas yang didapat.
Sehingga Anda dapat menyesuaikan antara harga dengan produk yang ditawarkan karena hal tersebut merupakan faktor penentu kepuasan pelanggan.
- Faktor Emosional
Ketika Anda dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan Anda, maka akan tercipta sebuah faktor emosional. Kepuasan secara emosional akan membentuk loyalitas pelanggan terhadap produk Anda.
Faktor ini juga dapat mempengaruhi nilai sosial yang pada akhirnya membuat pelanggan bangga dengan apa yang Anda tawarkan.
- Kemudahan Mengakses Produk
Pelanggan akan merasa puas jika produk yang mereka inginkan dengan mudah didapatkan. Maka, kemudahan akses dalam membeli produk harus menjadi fokus Anda sebagai pebisnis. Karena biasanya pelanggan menghindari pembelian produk yang prosesnya dirasa susah atau sulit didapatkan.
Karena berpengaruh besar terhadap pendapatan dan perkembangan perusahaan secara keseluruhan, banyak perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan kepuasan dari pelanggan. Sebagai pebisnis Anda perlu memahami dan memelihara kepuasan pelanggan secara konsisten. Selain pendapatan bisnis Anda bertambah, bisnis Anda pun akan mampu bertahan lebih lama.
Untuk dapat terus meningkatkan kepuasan pelanggan, LODI hadir memberikan kemudahan bagi Anda dalam upaya mengoptimalkan bisnis yang Anda miliki. LODI memberikan pelayanan pemenuhan pesanan yang meliputi dari pengemasan barang, penyimpanan barang di dalam gudang logistik, hingga pemeriksaan barang yang masuk ke dalam warehouse.
Selain itu, LODI juga sudah terintegrasi dari berbagai marketplace ke dalam satu sistem dan Anda dapat mengelolanya hanya dalam satu dashboard.
Tunggu apa lagi? Segera hubungi tim LODI untuk informasi lebih lanjut.