
Berbeda dengan momen menjelang Lebaran Idul Fitri yang dimana penjualan biasanya mengalami peningkatan, namun setelah Lebaran penjualan biasanya akan cenderung menurun. Hal ini biasanya disebabkan karena aktivitas sudah kembali normal sehingga masyarakat kembali fokus ke rutinitas awal dan memprioritaskan kebutuhan utama. Tak sedikit pemilik bisnis yang merasakan penurunan dalam penjualan.
Jika sebelumnya masyarakat sibuk dalam menyiapkan kebutuhan Lebaran mulai dari makanan hingga pakaian, maka pola perilaku tersebut telah bergeser. Namun sebenarnya ada sejumlah strategi bisnis yang bisa diterapkan untuk tetap mempertahankan tingkat penjualan pasca momen Lebaran.
Dalam artikel ini, mari kita cari tahu lebih jauh apa saja strategi untuk membantu mempertahankan penjualan pasca Lebaran.
- Atur Strategi Pemasaran dan Penjualan
Promosi merupakan strategi pemasaran paling ampuh untuk menarik dan mempertahankan pelanggan, aktivitas bisnis tanpa promosi tidak dapat berjalan karena pelanggan akan merasa kesulitan untuk mengenal produk yang ditawarkan. Promosi yang dapat dilakukan yaitu melalui kegiatan periklanan dan promosi penjualan.
Kegiatan periklanan merupakan sarana promosi yang digunakan untuk menginformasikan, menarik dan mempengaruhi calon pelanggan terhadap produk yang ditawarkan. Promosi dapat dilakukan melalui berbagai media online maupun offline.
Selain itu, promosi penjualan dengan memberi harga khusus atau potongan harga, melakukan undian kepada pelanggan yang membeli dengan jumlah tertentu, memberi merchandise, ataupun promosi lainnya.
- Utamakan Kepuasan Pelanggan
Setelah memberikan promosi kepada pelanggan, hal selanjutnya yaitu memberikan kepuasan terhadap pelanggan. Pelanggan yang telah tertarik pada promosi bisnis Anda maka memutuskan untuk melakukan transaksi pembelian, jangan sampai pelanggan Anda merasakan pengalaman berbelanja yang buruk. Pastikan berikan kemudahan pelanggan dalam mengakses produk yang dijual serta produk yang dikirim sesuai dengan yang ditawarkan.
Selain itu, tak ada salahnya dengan memberikan apresiasi kepada pelanggan Anda dengan memberikan bonus atau hadiah dari setiap melakukan pembelian produk dalam jumlah tertentu.
- Pastikan Stok Barang Tersedia
Setelah promosi penjualan dilakukan serta telah memastikan kepuasan pelanggan, hal yang tidak kalah penting yaitu pastikan stok barang penjualan tersedia. Jangan sampai pelanggan kecewa karena menemukan produk yang dijual telah habis sehingga pelanggan berpindah kepada kompetitor bisnis Anda. Karena pasca Lebaran ini juga dimanfaatkan oleh kompetitor bisnis Anda untuk meningkatkan penjualannya.
LODI menyadari tantangan yang ditemui para pemilik bisnis, melalui layanan fulfillment atau pemenuhan pesanan secara menyeluruh mulai dari picking hingga packing dapat menjadi solusi untuk bisnis Anda. Stok barang penjualan dapat dipantau melalui POWS atau sistem manajemen pergudangan yang merupakan salah satu fitur dari layanan fulfillment milik LODI sehingga tidak perlu takut kehabisan stok barang di gudang.
Tak hanya itu, kepuasan pelanggan pun akan Anda dapatkan karena barang yang dikirimkan telah melalui pengemasan yang aman sehingga barang yang diterima pelanggan sesuai dengan yang ditawarkan.
Tunggu apalagi? Tingkatkan penjualan Anda dengan memanfaatkan momen pasca Lebaran ini bersama LODI. Segera hubungi tim LODI untuk informasi lebih lanjut.