
Merujuk pada laporan E-conomy SEA 2020 oleh Google, Temasek dan Bain & Company, jumlah konsumen e-commerce baru di Indonesia naik 10,4 persen dari yang sebelumnya mencatat 6,2 persen kenaikan pelanggan baru pada sebelum pandemi. Para pelanggan digital baru ini juga diprediksi Google akan menetap, di mana 99 persen pelanggan berencana akan terus menggunakan layanan digital.
Hal ini membuat kegiatan berbelanja menjadi jauh lebih mudah dan instan bagi masyarakat Indonesia. Hanya dalam satu klik saja, barang yang diinginkan akan langsung terbeli dan pelanggan hanya perlu menunggu pesanan sampai di rumah. Namun, bagaimana jika ketersediaan produk yang dipesan pelanggan tidak mengimbangi dengan kecepatan transaksi?
Pentingnya melacak persediaan produk
Untuk terus dapat memenuhi ekspektasi pelanggan, pengelolaan persediaan produk yang baik menjadi krusial untuk mencegah kosongnya persediaan produk atau bahkan tampilan stok yang tidak tersinkronisasi dengan baik dengan kanal penjualan digital. Pengalaman berbelanja pelanggan dapat terganggu jika status produk terus-terusan tidak tersedia atau stok yang tercantum di situs tidak sesuai dengan ketersediaan produk di penyimpanan.
Kondisi ini bisa menjadi masalah khusus terutama jika perusahaan ataupun bisnis Anda memiliki penjualan yang tinggi pada waktu-waktu tertentu seperti Harbolnas, hari-hari besar, dan lain sebagainya. Sistem manajemen persediaan produk yang baik akan membantu untuk memastikan bahwa tingkat permintaan pelanggan tidak melebihi tingkat persediaan produk Anda.
Tak hanya mengganggu konsumen, proses internal pun dapat terkendala jika ketersediaan produk tidak terpantau dengan baik. Salah satu kasus yang dapat terjadi adalah terdapat stok produk yang berlebih hingga produk tersebut kadaluarsa dan menjadikan kerugian karena produk tidak dapat terjual. Kelebihan stok produk juga akan memakan biaya serta alokasi ruang penyimpanan sehingga tidak optimal.
Itulah sebabnya mengapa perusahaan ataupun pemilik bisnis perlu menerapkan sistem manajemen gudang yang tepat guna untuk melakukan pelacakan persediaan produk dengan akurat.
Cara mudah mengelola persediaan produk dengan POWS dari LODI
Dengan menggunakan layanan fulfillment LODI, Anda secara otomatis dapat mengakses dashboard POWS. POWS merupakan bagian dari sistem manajemen pergudangan LODI yang dapat membantu perusahaan Anda dalam mengelola operasional pergudangan cukup melalui satu tampilan. Fitur pelacakan persediaan produk yang berada di gudang penyimpanan telah tersedia dalam sistem ini.
Fitur POWS akan memberikan informasi akurat yang dapat digunakan untuk perencanaan restocking produk berikutnya pada tiap gudang penyimpanan. Stok di gudang pun akan langsung tersinkronisasi dengan stok untuk kanal penjualan yang Anda gunakan, baik website, social commerce, maupun marketplace besar yaitu Shopee, Tokopedia, Lazada, maupun Zalora. Selain itu, Anda dapat melihat berbagai detail lain mengenai stok produk, seperti product aging, alokasi stok di berbagai lokasi gudang penyimpanan, hingga tanggal kadaluarsa.
Dengan berbagai fitur yang tersedia di POWS, perencanaan stok produk pun dapat Anda lakukan dengan lebih leluasa dan akurat. Untuk dapat menikmati berbagai layanan LODI, Anda dapat langsung mengisi data di sini dan tim LODI akan segera menghubungi Anda.