
Penurunan transaksi setelah momen lebaran dapat terjadi dikarenakan pola konsumsi masyarakat yang kembali normal pasca ramadan dan lebaran sehingga antusiasme masyarakat untuk membeli menjadi berkurang dan banyak pelaku bisnis yang mengaku akan turun omzetnya.
Untuk mengantisipasi hal tersebut LODI telah buatkan strategi untuk membantu pelaku bisnis di masa-masa sulit pasca lebaran atau pun liburan. Berikut adalah strategi yang dapat Anda lakukan:
- Jual Produk dengan Cara Bundling
Anda dapat menjual kembali stok atau produk yang kurang laku dengan promo bundling, yaitu dengan memasukan produk yang kurang laku ke produk yang paling laku.
Dengan promo bundling ini Anda dapat memaksimalkan penjualan dari produk-produk lama atau produk yang kurang laku sehingga omzet penjualan tetap berjalan tanpa menambah cost lebih.
- Perpanjang Promo Diskon
Untuk mengantisipasi penurunan transaksi Anda juga dapat memperpanjang promo diskon. Anda bisa coba perpanjang di dua atau tiga minggu setelah lebaran. Hal ini akan membuat toko Anda tetap menarik ataupun laris dari segi harga.
Bukan mandatori untuk membuat besaran diskon yang sama seperti saat lebaran, Anda bisa menyesuaikan besaran diskonnya di kondisi setelah lebaran.
- Buat Pelanggan Merasa Special
Ada satu langkah yang membuat pelanggan selalu ingat dengan produk Anda yaitu dengan buat mereka merasa spesial melalui kehangatan dan pelayanan yang diberikan. Sederhananya, Anda bisa mengucapkan selamat lebaran Idulfitri dan mendoakan yang terbaik untuk para pelanggan.
Pemberian ucapan ini bisa Anda berikan melalui mengirimkan pesan singkat lewat toko online di marketplace atau email. Jika memang memiliki dana lebih, Anda juga bisa mengirim kartu ucapan.
Namun, jangan cuma kartu ucapan yang ada dalam paket yang Anda kirimkan, tambahkan juga voucher diskon untuk menarik mereka untuk kembali berbelanja. Karena dengan hal tersebut besar kemungkinan pelanggan Anda akan kembali ke toko Anda untuk berbelanja.
- Tetap Aktif di Media Social
Bagian ini jangan sampai ditinggalkan. Media sosial toko Anda harus tetap aktif untuk memberikan info produk maupun promo terbaru yang sedang berlangsung. Jaga followers Anda dengan tetap memberikan konten yang menarik dan bermanfaat.
Anda juga dapat memanfaatkan jasa influencer untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Begitu juga dengan social media Ads untuk pengguna media sosial yang tepat. Tidak ada salahnya juga membuat kompetisi dengan hadiah menarik untuk para followers setia.
- Evaluasi Penjualan dan Tren Market
Dengan adanya evaluasi penjualan melalui report mingguan atau bulanan ini, bisa menjadi bahan analisa bisnis Anda agar penjualan tetap stabil. Laporan ini juga bisa menjadi bahan perbandingan dengan tren market yang terus berubah. Jadi strategi selanjutnya yang akan Anda pilih jauh lebih matang dan sesuai dengan apa yang sedang disukai pasar.
Penurunan transaksi dan sepinya pengunjung pasca lebaran memang tidak dapat dihindari. Jika sudah seperti itu, Anda tentu saja membutuhkan solusi untuk mencegahnya. Jangan biarkan toko Anda mengalami kerugian di momen tersebut. Coba terapkan 5 strategi di atas untuk mengantisipasi penurunan transaksi dan menarik kembali penjungung ke toko Anda. Dengan begitu bisnis akan tetap bertahan dan terhindar dari kerugian yang mungkin terjadi akibat penurunan tingkat transaksi setelah lebaran.
Untuk memperlancar pengaplikasian strategi tersebut Anda bisa menggunakan bantuan dari layanan e-logistik seperti fulfillment dan last mile delivery milik LODI. Dengan keberadaannya, bisnis Anda akan terbantu dan membuat Anda lebih fokus karena penanganan logistik full diurus dari mulai penanganan inventory, penjagaan, proses picking, packing sampai laporan penjualan mingguan ataupun bulanan bisa didapat secara mudah dan praktis.
Unduh juga ebook terbaru kami seputar insight dan strategi penjualan di masa Ramadan 2023 secara GRATIS!