
Saat ini masyarakat Indonesia telah terbiasa berbelanja di toko online melalui smartphone. Selain mudah dan praktis hanya sekali klik transaksi jual beli barang bisa dilakukan. Oleh karenanya, wajar bila kemudian bermunculan berbagai situs toko online di Indonesia atau startup e-Commerce yang meramaikan transaksi belanja online di internet.
Platform belanja online ini pun selanjutnya berfungsi menjadi perantara bagi pemilik toko online dan pembeli untuk melakukan transaksi berbagai produk yang lengkap layaknya berbelanja di mal. Semuanya bisa dilakukan hanya dengan bantuan smartphone dan internet.
Nah, jika Anda memiliki bisnis online, kira-kira mana pilihan Anda di antara 5 toko online terpopuler di Indonesia ini?
5 Toko online di Indonesia terpopuler
Berikut ini adalah 5 toko online di Indonesia terpopuler yang bisa menjadi pilihan e-Commerce bisnis online Anda.
1. Tokopedia
Tokopedia yang hadir pada tahun 2009 ini adalah salah satu toko online di Indonesia yang terpopuler dan terbaik. Model bisnis marketplace ini hadir dengan visi “ Membangun Indonesia yang lebih baik lewat internet.” Visi ini diejawantahkan dengan salah satu program yang dimilikinya yaitu program yang mendukung pelaku usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), guna menjual produk mereka melalui internet.
Tokopedia pun sukses sebagai perusahaan internet di Asia Tenggara yang mendapatkan investasi sekitar Rp1,2 triliun dari SoftBank Internet and Media Inc dan Sequoia Capital. Saat ini Tokopedia.com memiliki pengguna mencapai puluhan juta orang dan tersebar di berbagai negara.
2. Shopee
Shopee.co.id hadir di Indonesia pada tahun 2016 dengan mengusung strategi yang menawarkan banyak promo dan diskon bagi penggunanya. Hingga kini Shopee semakin populer dan dianggap sebagai salah satu situs e-Commerce tepercaya di Indonesia. Shopee pun gencar berpromosi di media sosial dan berbagai aplikasi di smartphone. Sejak berdiri di Singapura tahun 2009, Shopee kini telah berekspansi ke negara-negara tetangga seperti Thailand, Malaysia, Filipina, Vietnam, dan Taiwan. Shopee juga memiliki pengguna hingga mencapai puluhan juta orang.
3. Bukalapak
Bukalapak juga termasuk salah satu toko online di Indonesia yang terpopuler. Bukalapak mengusung sistem kerja e-Commerce model bisnis C2C (Consumer to Consumer) yang berarti melakukan penjualan dari konsumen ke konsumen tanpa batas lokasi. Bukalapak pun membuka peluang baik perusahaan maupun perorangan untuk berjualan barang baru dan bekas seperti elektronik, perlengkapan bayi, busana, komputer, sepeda, tanaman, hingga peralatan rumah tangga.
4. Lazada
Lazada Indonesia hadir di Indonesia pada tahun 2012 sebagai cabang dari jaringan retail online Lazada di Asia Tenggara. Kini Lazada Indonesia mampu menjadi e-Commerce terbesar di Asia Tenggara. Seperti e-Commerce lain Lazada pun menawarkan beragam produk seperti produk kecantikan, pakaian, barang elektronik, bahan makanan, mainan anak, perlengkapan bayi, traveling, hingga alat kesehatan. Lazada internasional pun memiliki network di negara Asia Tenggara lain seperti Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam.
3. Bibli.com
Bibli.com diluncurkan pada tahun 2010 dan merupakan produk dari anak perusahaan Djarum yang bergerak di bidang digital yaitu PT Global Digital Niaga. Situs belanja ini memiliki keunggulan sebagai e-Commerce yang memiliki konsep berbelanja online layaknya belanja di mal modern. Di situs belanja Bibli.com ini, pengguna dapat menemukan produk yang mereka butuhkan dengan menyenangkan kapan saja dan di mana saja..
Nah, itulah ulasan tentang 5 toko online di Indonesia terpopuler bagi Anda khususnya para pebisnis online. Anda juga bisa bergabung di salah satu toko online pilihan terpopuler di Indonesia ini. Setelah bergabung, jangan lupa untuk mengatur pengiriman produk pada konsumen agar bisa dilakukan dengan tepat dan cepat. Anda bisa menggunakan Jasa Pengiriman yang profesional dengan cara bermitra dengan Lodi Indonesia. Memiliki banyak mitra jasa pengiriman barang di Indonesia yang akan meningkatkan kinerja toko online Anda dalam melayani pengiriman barang secara lebih efisien, menghemat waktu, tenaga, dan biaya.