
Toko online perusahaan ataupun bisnis Anda mendapatkan banyak pesanan? Jika iya, ada yang perlu diperhatikan lagi, ternyata tidak banyak pelanggan yang datang kembali untuk melakukan pembelian. Itu artinya, tingkat repeat order di toko online perusahaan ataupun bisnis Anda masih rendah.
Repeat order adalah pembelian berulang atas suatu produk. Pelanggan akan datang kembali untuk melakukan pembelian ulang. Bisa dibilang, pelanggan yang melakukan repeat order adalah pelanggan setia suatu produk. Sebagai perusahaan ataupun pemilik bisnis, adanya repeat order adalah hal penting karena akan mendatangkan keuntungan di masa mendatang. Secara tidak langsung, tingkat repeat order yang tinggi juga menunjukkan hubungan baik antara penjual dan pelanggan.
Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan repeat order agar toko online perusahaan ataupun bisnis Anda semakin optimal. Simak tipsnya berikut!
1. Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan
Menjalankan bisnis tidak selalu soal mengejar keuntungan, tetapi juga membuat pelanggan merasa puas. Karena kepuasan pelanggan akan mempengaruhi loyalitas dalam pembelian produk sehingga pelanggan tidak akan berpindah untuk melakukan pembelian pada toko online lain.
Jadi, perlu dipastikan untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Salah satunya dengan membaca ulasan yang diberikan pelanggan sebagai bahan evaluasi perusahaan ataupun bisnis Anda. Tetapi pada umumnya pelanggan akan merasa puas dengan pelayanan yang ramah, cepat, detail, dan konsisten. Selain pelayanan terbaik, jangan lupa juga untuk selalu mempertahankan kualitas produk.
2. Membangun hubungan baik dengan pelanggan
Hal lainnya yang paling berpengaruh pada loyalitas pelanggan yaitu dengan menyediakan kontak untuk memudahkan komunikasi dengan pelanggan. Pastikan toko online perusahaan ataupun bisnis Anda memiliki kontak yang jelas dan dapat dihubungi oleh pelanggan kapan pun mereka memerlukan bantuan. Seperti dengan memanfaatkan fitur chat pada toko online atau memberikan nomor layanan pelanggan (customer service).
Dengan begini, komunikasi dengan pelanggan seperti kendala yang mereka hadapi dalam melakukan pembelian ataupun keluhan mengenai produk yang dibeli dapat teratasi. Alhasil, pelanggan pun merasa puas terhadap layanan perusahaan ataupun bisnis Anda merasa didengar atas kendala atau keluhan yang mereka rasakan.
3. Pilih layanan pengiriman yang terpercaya
Layanan pengiriman barang atau jasa ekspedisi semakin hari semakin dibutuhkan oleh masyarakat, terutama dalam perkembangan pasar daring atau online market. Semakin berkembangnya teknologi juga mempengaruhi pesatnya kebutuhan dalam dunia e-commerce. Sebagai perusahaan ataupun pemilik bisnis memilih layanan pengiriman yang terpercaya merupakan cara agar pesanan dapat sampai dengan aman kepada pelanggan Anda. Menyediakan beragam pilihan layanan pengiriman yang tersedia mulai dari regular, same day, hingga instant juga memudahkan pelanggan untuk menentukan jasa ekspedisi sesuai kebutuhan, mungkin dari segi harga, kecepatan pengiriman, kemudahan, maupun faktor lainnya.
4. Sediakan proses transaksi yang mudah
Pengalaman pembelian yang menyenangkan adalah kunci untuk menarik pelanggan dan menjaga kepuasan pelanggan. Artinya, dengan menyediakan metode pembayaran yang beragam untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian. Hal ini untuk menghindari pelanggan membatalkan pembelian karena metode pembayaran yang dibutuhkan tidak tersedia.
Salah satunya adalah menyediakan metode pembayaran COD atau Cash On Delivery yang dimana dapat menjangkau pelanggan yang ingin memastikan barang yang dipesan benar-benar sampai dan sesuai, serta memudahkan pelanggan saat malas untuk pergi ke ATM, tidak memiliki akun bank dan tidak memiliki e-wallet. Hal tersebut mempengaruhi kepuasan pelanggan karena pengalaman pembelian yang menyenangkan bagi pelanggan sehingga memungkinkan untuk melakukan repeat order.
Sebagai penyedia solusi logistik pintar, LODI telah bekerja sama dengan ekspedisi terpercaya yang juga akan meningkatkan keamanan barang pesanan pelanggan saat perusahaan maupun bisnis Anda memutuskan untuk menyediakan metode pembayaran COD. Sehingga COD dapat berjalan dengan lancar karena LODI menawarkan ekspedisi terbaik untuk perusahaan ataupun bisnis Anda.Segera hubungi tim LODI untuk bantu tingkatkan pembelian berulang atau repeat order pada toko online perusahaan maupun bisnis Anda.